Misteri Asteroid Oumuamua Terungkap

Objek luar Tata Surya bernama Oumuamua.
Sumber :
  • www.news.sky.com

VIVA – Sebuah asteroid misterius terdeteksi berada di Tata Surya pada tahun lalu yang dinamakan Oumuamua. Para ilmuwan dari Universitas Toronto, Kanada, secara bertahap berhasil membuka sedikit demi sedikit tabir Oumuamua.

Bumi Punya Tameng Langit

Menurut Kepala Peneliti Universitas Toronto, Alan Jackson, Oumuamua berasal dari sistem bintang biner, yaitu sistem bintang yang memiliki dua bintang yang terhubung dengan gravitasi.

Dalam penelitian, ia dan ilmuwan lainnya mencari tahu tentang efisiensi sistem bintang biner pada sebuah objek. Mereka menemukan bahwa benda berbatu seperti Oumuamua diperkirakan berasal dari biner ketimbang sistem bintang tunggal.

Ngeri, Asteroid Besar Meledak di Atas Ibu Kota

"Ini sangat janggal, karena objek pertama yang kita lihat berasal dari luar sistem Tata Surya kita adalah asteroid. Sedangkan, komet lebih mudah untuk ditemukan (asalnya) di sistem Tata Surya," kata Jackson, dilansir situs Mirror, Selasa, 20 Maret 2018.

Ilustrasi asteroid.

NASA Bawa Sampel Asteroid Berusia 4,5 Miliar Tahun ke Bumi

Ia juga menyatakan bahwa asteroid sering keluar dari sistem biner beberapa kali saat pembentukan formasi planet. Dengan terjawabnya asal muasal Oumuamua ini, Jackson mengklaim, dengan objek tersebut dirinya dan tim ilmuwan bisa mendapatkan lebih banyak jawaban lagi.

"Dengan cara yang sama saat menggunakan komet untuk mengerti formasi planet di sistem Tata Surya kita, bisa jadi, objek aneh ini memberitahu menerangkan bagaimana planet berfirmasi di sistem Tata Surya lain," tutur Jackson.

Oumuamua ditemukan pada 19 Oktober 2017 dan awalnya dicurigai sebagai UFO. Batu berbentuk pipih ini pernah berada di jarah terdekat dengan Bumi, yaitu 33 ribu kilometer. Asteroid ini berjalan dengan kecepatan sekitar 30 kilometer per detik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya