Bekerja di Silicon Valley Gaji Setara Mobil Range Rover Raffi Ahmad

Kantor Google di Silicon Valley, San Francisco, California, Amerika Serikat.
Sumber :
  • uyau.com

VIVA – Berapa gaji karyawan yang bekerja di perusahaan teknologi di Silicon Valley, San Francisco, Amerika Serikat? Itu pertanyaan yang selalu terbesit di benak para pencari kerja.

Rizky Nazar Diisukan Selingkuh, Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Dua perusahaan riset pasar, Glassdoor dan Option Impact, memiliki data tersebut. Mulai dari karyawan biasa hingga tingkat manager.

Mengutip situs Wired, Senin, 2 Juli 2018, Sillicon Valley adalah rumah sekitar 2.600 perusahaan swasta, di mana sebagian besar merupakan modal ventura (venture capital/VC).

Bukan dari Palestina, Merry Asisten Raffi Ahmad Ungkap Asal-usul Bayi Lily di Keluarga Andara

Namun menurut Radford terdapat 2.115 perusahaan publik dan swasta dalam survei teknologinya yang terbaru. Dari angka tersebut, sebagian besar merupakan perusahaan VC teratas, seperti Andreessen Horowitz dan Sequoia Capital.

Menurut CEO Advanced-HR, Dee DiPietro, data atau list gaji yang dimiliki perusahaannya merupakan sebuah komoditas berharga.

Nagita Slavina Dikritik karena Beri Makanan dan Minuman Bekas ke Pengasuh, Begini Reaksi Rafathar

Dengan begitu menjadi patokan bagi perusahaan untuk mengaji pekerja, baik yang sudah karyawan maupun calon karyawan, di perusahaan teknologi di Silicon Valley.

"Itu tergantung klien. “Kami melihat data sebagai komoditas,” kata DiPietro. Advanced-HR adalah perusahaan yang mengembangkan Option Impact.

DiPietro menyebutkan posisi QA Engineer dengan lama bekerja 1-3 tahun digaji sekitar US$101,955 (Rp1,45 miliar). Lalu, Data Scientist yang memiliki pengalaman 4-6 tahun mendapat gaji sebesar US$132,536 (Rp1,87 miliar).

Adapun, posisi Designer dengan pengalaman 4-6 tahun akan digaji US$126,125 (Rp1,78 miliar). Sementara untuk Project Manager mendapat gaji US$137 ribu (Rp1,94 miliar), dan tentunya, memiliki pengalaman 4-6 tahun.

Menurut Glassdoor, seorang insinyur perangkat lunak (software engineer) dengan 4-6 tahun pengalaman di perusahaan teknologi menengah di Sillicon Valley rata-rata mendapatkan gaji US$120 ribu (Rp1,7 miliar).

Bahkan, angka tersebut bisa naik mendekati US$141 ribu (hampir Rp2 miliar) andaikata karyawan tersebut memiliki kualifikasi lebih dibandingkan yang lain.

Selain itu, Glassdoor mengungkapkan, posisi QA Engineer dengan lama bekerja 1-3 tahun digaji sekitar US$71 ribu (Rp1,05 miliar). Lalu, Data Scientist yang memiliki pengalaman 4-6 tahun mendapat gaji sebesar US$129,118 (Rp1,83 miliar).

Adapun, posisi Designer dengan pengalaman 4-6 tahun akan digaji US$74,591 (Rp1,06 miliar). Sementara untuk Project Manager mendapat gaji US$82,403 (Rp1,17 miliar), dan tentunya, memiliki pengalaman 4-6 tahun.

Rata-rata gaji karyawan yang bekerja di perusahaan teknologi di Silicon Valley ini nilainya setara dengan mobil Range Rover milik artis tajir Raffi Ahmad yang dibanderol seharga Rp1,22 miliar hingga Rp1,33 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya