NASA Luncurkan Satelit Pengamat Es Mencair di Antartika

Benua Antartika.
Sumber :
  • www.pixabay.com/girlart39

VIVA – NASA telah memiliki sebuah satelit untuk mendeteksi es di Bumi mencair. Mereka mengatakan satelit seharga US$1 miliar itu akan memberikan manusia visi yang kuat dan data tentang waktu es mencair.

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Satelit itu bernama ICESat-2. Berukuran seperti smartcar dan melakukan perjalanan setiap 91 hari. ICESat-2 akan mengirimkan laser ke Bumi berkali-kali. Ini dilakukan agar peneliti memiliki perhitungan yang tepat untuk mengukur seberapa cepat es mencair.

Dengan satelit tersebut, para peneliti dapat memeriksa bagaimana es merespons perubahan atmosfer dan lautan. Selain itu, satelit juga akan memberikan gambaran tentang apa yang membuat es mencair ataupun tidak, di sebuah wilayah tertentu.

Detik-detik Roket Space One Meledak di Udara Setelah 5 Detik Diluncurkan

Setelah data terkumpul mengenai ketebalan es dan ketinggiannya, peneliti akan menganalisis masa depan permukaan dan mempredikasi kenaikan air laut.

Rusia Diam-diam Buat Senjata Mematikan, AS Dibuat Melongo
Ilustrasi ICESat-2 milik NASA

"Ketika iklim memanas, kita melihat perubahan di air laut. Permukaan air laut meningkat," kata profesor glasiologi Scripps Institution of Oceanography yang juga mengerjakan proyek ICESat-2, Helen Fricker, dilansir laman Fox News, Senin, 24 September 2018.

Menurut NASA, es mencair di Greenland dan Antartika telah meningkatkan permukaan air laut lebih dari satu milimeter per tahun. Satelit yang diluncurkan 15 September 2018 lalu ini dinilai mampu mengetahui cakupan es yang hilang di seluruh dunia.

"Dalam waktu yang dibutuhkan seseorang untuk berkedip, setengah detik, ICESat-2 akan mendapatkan 5000 pengukuran dari enam pancarannya," kata ilmuwan proyek NASA, Tom Neumann.

Menurut Frickerr, data pertama dari pengamataan ICESat-2 akan bisa dilihat pertengahan Oktober.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya