Kiprah SuperNayr, Pemain e-Sport yang Harumkan RI di Dunia Game

Ryan Prakasha, game streamer Indonesia
Sumber :
  • Dokumen Nimo TV

VIVA – Industri e-sport menjadi perhatian setelah menjadi salah satu cabang olahraga eksibisi di Asian Games 2018 lalu di Indonesia. Game yang dipertandingkan di antaranya adalah Arena of Valor atau AoV dan Hearthstones. 

Dua Rekor MURI Dipecahkan di Acara PSI dan Relawan Turnamen e-Sports

Industri game di Indonesia terus berkembang dengan jumlah pemain game sebanyak 43,7 juta orang dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 261,7 juta orang. Hal ini berarti 16,7 persen penduduk Indonesia aktif bermain game dan jumlah ini semakin bertambah seiring melambungnya popularitas e-sport di Indonesia. 

Berdasarkan studi yang dilakukan Newzoo baru-baru ini, pendapatan dari industri game di Indonesia mencapai US$879,7 juta dan menjadikan Indonesia sebagai pasar terbesar ke-16 untuk industri game di dunia.
 
Perkembangan industri e-sport dan gaming ini tentunya tidak lepas dari peran para game streamer, yaitu pemain game yang melakukan live streaming saat gaming. Saat ini, game streaming sudah menjadi kategori hiburan tersendiri dengan segmen penonton yang loyal. 

Prabowo-Gibran e-Sports Fest Ramai Peserta yang Ikut, Masa Depannya Dinilai Cerah

Bahkan, selain kesempatan untuk mengasah kemampuannya sebagai atlet e-sport, game streamer pun bisa mendapatkan penghasilan yang tidak sedikit.
 
Salah satu game streamer yang paling dikenal saat ini adalah Ryan Prakasha, yang kondang dengan julukan superNayr. Ryan merupakan pemain profesional e-sport yang ahli dalam beberapa game, yaitu Dota, Overwatch, PUBG, dan banyak game lainnya. SuperNayr sering ikut serta dalam turnamen e-sport tingkat dunia dan menjadi juara yang mengharumkan nama Indonesia.

Berkat hobinya itu, dia mendapatkan penghasilan yang lumayan tiap bulannya sebagai game streamer.

AURA x Pro Hunt 2023, Wujudkan Mimpi Jadi Pro Player

“Hasil yang saya dapatkan dari bermain game membuktikan bahwa game streamer bukanlah suatu pekerjaan yang dapat dipandang sebelah mata, yang mana profesi ini memiliki kontribusi yang cukup besar dalam perkembangan industri e-sport di Indonesia,” jelas superNayr. 

Dia mengatakan, sebagai di antara pemain profesional tidak menyangka akan menjadi sorotan secara positif oleh masyarakat dan pemerintah.

“Kami senang keahlian kami ternyata mendapat apresiasi dan bisa mengharumkan nama bangsa di ajang internasional melalui kompetisi-kompetisi internasional yang kami ikuti,” ujar superNayr.

Dia telah secara resmi bekerja sama dengan Nimo TV, platform game streaming terkemuka di Indonesia sebagai partner pemain profesional resmi yang beroperasi di beberapa negara seperti Indonesia, Thailand, Vietnam, Singapura, Malaysia, hingga Brasil.

Platform ini meyakini game streaming bisa berkontribusi untuk perkembangan industri e-sport dan game di Indonesia. Selain sebagai bentuk kategori hiburan baru, platform game streaming juga menjadi wadah berkumpulnya pencinta game streaming mengasah kemampuannya hingga terbuka kesempatan lebar menjadi atlet e-sport di masa mendatang.

"Kami bekerja sama dengan berbagai pemain profesional (pro-players) maupun pemain yang berpotensi menjadi seorang pro-players dalam mengembangkan platform kami. Interaksi antara mereka dengan komunitas pencinta game secara umum merupakan modal utama perkembangan industri e-sport dan gaming di Indonesia,” ujar Head of Marketing Huya Limited untuk Nimo TV Indonesia, Kevin Raharja.

Dia mengatakan, Nimo TV membuka kesempatan interaksi positif antara pencinta game dengan pemain profesional andal, sehingga pencinta game tidak hanya mendapatkan hiburan, tetapi juga mendapatkan pembelajaran berharga pemain profesional secara langsung. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya