Mengenal Wifi Berkecepatan 2,2 Gbps, Bisa Streaming Film Sepuasnya

Ilustrasi koneksi wifi.
Sumber :
  • www.pixabay.com/StockSnap

VIVA – Perusahaan elektronik yang bergerak di bisnis perangkat koneksi, Belkin International, untuk pertama kalinya ikut meramaikan pameran teknologi Consumer Electronics Show (CES) pada 7-10 Januari 2019 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Laptop yang Bisa Menangkap Sinyal WiFi Ratusan Meter Dijual di Indonesia

Mengutip situs prnewswire, Rabu 30 Januari 2019, keikutsertaan Belkin bagian dari strategi perusahaan sejak diakuisisi raksasa kontrak manufaktur asal Taiwan, Foxconn Interconnect Technology, di pertengahan 2018. Belkin International membawahi empat produk unggulan yaitu Linksys, Wemo, Phyn, dan Belkin.

Dalam pameran tersebut, Belkin memamerkan lini produk terbarunya di tahun ini seperti piranti untuk menghubungkan perangkat connected things dari Belkin dan connected home dari Linksys, Wemo, dan Phyn.

Pemkot Depok Sediakan 878 Titik Wifi Gratis Tanpa Password, Cek Posisinya

Produk connected things terbaru tersebut meliputi audio, USB-C, mobile power, dan new cable. Sementara, untuk produk connected home meliputi fitur keamanan wifi, HomeKit compatibility, dan Alexa integration di seluruh perangkat rumahan yang telah terhubung.

Produk connected things dari Belkin di bidang audio adalah Rockstar Headphones dengan Lightning Connector yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan lebih lama, mencegah beban dan kerusakan pada kabel, serta telah tersertifikasi MFi.

Gibran Rakabuming Buka Akses Wifi Gratis di Eks Rumah Dinas Jokowi

Channel Sales and Marketing Manager Belkin International, Ivona Radita Ariningtyas, menuturkan produk ini didesain untuk kenyamanan dan performa berkualitas, ear tips terbuat dari silikon untuk menghalangi kebocoran suara, tahan terhadap keringat dan air.

Adapula produk charging cables Boost Charge USB-A to Lightning, USB-A to USB-C, dan USB-C to Lightning Cables made with DuraTek, yang didesain untuk memaksimalkan ketahanan dan kekuatan kabel, karena terbuat dari leather strap untuk mencegah kabel kusut.

"Belkin juga memamerkan fast-charging chargers dan powerbank Boost Charge USB-C Car Charger+Cable and USB-C Home Charger+Cable dengan teknologi QuickCharge 4 Plus yang memungkinkan proses isi daya (charger) hanya 15 menit," kata Ivona.

Selanjutnya, produk connected home, Linksys, memamerkan Mesh Wifi Router yang merupakan versi terbaru wifi yang lebih cepat, berjangkauan lebih luas, dan koneksi memiliki koneksi yang lebih stabil.

Ada juga Max Stream AC2200 Tri-Band Mesh Wifi Router, serta Tri-Band Wifi dan MU-MIMO, yang mana teknologi ini diklaim mampu menghantarkan kecepatan wifi yang mencapai 2,2 Gbps. Kecepatan ini berguna untuk streaming film, game online, video chatting, dan penggunaan perangkat smarthome.

Tak hanya itu, Ivona menyebutkan Linksys juga memamerkan produk parental control dan network security Linksys Shield yang mampu menyaring konten yang memuat konten dewasa, kekerasan, atau konten lain yang tidak diinginkan.

“Salah satu misi dari Linksys adalah memberikan koneksi wifi terbaik dengan mengembangkan beberapa produk connected home seperti Mesh Wifi Router, Parental Control, dan Network Security," ungkapnya.

Sementara, Wemo antara lain memamerkan Wemo Light Switches Native HomeKit yang memanfaatkan software Apple untuk HomeKit tanpa menggunakan hardware dengan desain update, single-pole, dan 3-way options hang, yang mana bisa perangkat ini bisa mengontrol pencahayaan dalam ruangan dengan telepon atau menggunakan suara melalui Siri.

Terakhir Phyn, yang memamerkan Phyn Plus Smart Water Assistant+Shutoff. Ivona menuturkan bahwa perangkat ini terkoneksi dengan perangkat water monitoring yang mendeteksi kebocoran dan secara otomatis mematikan suplai air utama untuk mencegah kerusakan serta menghemat pengeluaran.

Phyn juga terkoneksi dengan Alexa sehingga pemilik rumah dapat meminta untuk menyediakan update terkait penggunaan rumah, menyalakan, dan mematikan saluran air melalui Phyn Plus shutoff valve.

Namun belum diketahui, apakah keempat produk Belkin ini dijual di Indonesia atau tidak. Sebab, baru Eropa saja yang menikmati perangkat tersebut. (ann)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya