Buntut Teror Selandia Baru, Facebook Diboikot Pengiklan

Warga meletakkan bunga di depan Masjid Wellington, Kilbirnie, Wellington, Selandia Baru, Sabtu, 16 Maret 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ramadian Bachtiar

VIVA – Dua asosiasi bisnis di Selandia Baru meminta perusahaan-perusahaan jangan lagi beriklan di Facebook, setelah peristiwa serangan teroris pada dua masjid di Christchruch Jumat pekan lalu. Dalam serangan tersebut, teroris menyiarkan siaran langsung aksinya melalui Facebook. Beberapa perusahaan di Negeri Kiwi mengungkapkan mereka akan berhenti beriklan di Facebook. 

Sri Mulyani Bertemu Menkeu Selandia Baru, Ini yang Dibahas

Dikutip dari laman CBS News, Selasa 19 Maret 2019, dua perkumpulan bisnis yakni Association of New Zealand Advertiser (ANZA) dan Commercial Communication Council meminta para pelaku bisnis untuk berpikir dua kali beriklan di Facebook. 

"Kami memberi tahu semua pengiklan bahwa mereka memiliki pilihan lain di mana anggaran iklan bisa dibelanjakan. Kami menentang Facebook dan meminta pemilik platform lainnya untuk segera mengambil langkah dalam memoderasi konten kebencian, sebelum tragedi mengerikan disiarkan secara online," kata keduanya dalam pernyataan bersama. 

Deretan Negara yang Memiliki Work Life Balance Terbaik di Dunia, Adakah Indonesia?

Perusahaan Lotto yang merupakan milik pemerintah menyatakan, mereka telah menarik iklannya dari media sosial tersebut. Ada juga Burger King, ASB Bank dan perusahaan telekomunikasi Spark yang sedang mempertimbangkan untuk mengakhiri iklan. 

Pada Jumat pekan lalu, seorang pria melancarkan serangan di Masjid Al Noor dan Linwood Islamic Center di Christchurch. Dampak serangan itu, setidaknya ada 50 korban jiwa dan 50 luka-luka. Pria berusia 28 tahun itu didakwa melakukan pembunuhan. 

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Sang teroris menyiarkan kejahatannya melalui Facebook selama 17 menit. Bukti video dan manifesto setebal 74 halaman, membuktikan sang teroris memang berniat untuk memviralkan peristiwa tersebut. 

Peristiwa ini dinyatakan penembakan paling mematikan di Selandia Baru. New Zealand Office of Film and Literature Classification mengatakan kepada masyarakat agar tidak lagi membagikan video mengerikan itu. Mereka juga meminta masyarakat untuk melaporkan platform yang masih memiliki video. (dhi)

Game of Thrones Season 8 Episode 6.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Industri film sering kali memanfaatkan lokasi spektakuler di seluruh dunia untuk memberikan latar belakang yang megah dan mendalam bagi kisah-kisah mereka.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024