Logo BBC

Istana Megah Kerajaan Yahudi 2.500 Tahun di Yerusalem Bikin Gempar

Bangunan bekas Kerajaan Yahudi di Yerusalem.
Bangunan bekas Kerajaan Yahudi di Yerusalem.
Sumber :
  • bbc

Sebuah batu dari bagian tiang bangunan, dari sebuah istana masa kerajaan Yahudi di Yerusalem ditunjukkan oleh Otoritas benda Purbakala Israel (3 September 2020)
EPA
Otoritas benda Purbakala Israel (IAA) mengatakan tiang-tiang yang ditemukan sangat indah dan mengesankan.

Kalangan arkeolog Israel menemukan apa yang mereka sebut sebagai bukti `kemegahan` sebuah istana dari masa kerajaan Yahudi di Yerusalem.

Bentuk ukiran rumit pada struktur batu dan peninggalan lainnya terkait dengan bangunan ini ditemukan sekitar 3 kilometer di sebelah selatan Kota Tua Yerusalem.

Para arkeolog mengatakan, sejumlah artefak ini terkubur dengan rapih, meskipun mereka tak tahu mengapa itu bisa terjadi. Istana ini diperkirakan dibangun pada abad ke-7 atau ke-8 Sebelum Masehi (SM).

Di antara sisa-sisa penggalian benda pubakala ini terdapat tiga batu ornamen - ukiran yang menghiasi bagian atas pilar - serta barang-barang dari bingkai jendela yang mewah.

"Pucuk-pucuk pilar ini, identik dengan bangunan kerajaan dari periode Kuil Pertama [abad ke-10 dan ke-6 sebelum Masehi], adalah yang paling indah dan mengesankan dari yang ditemukan sampai saat ini," kata Otoritas benda Purbakala Israel (IAA) dalam sebuah pernyataan.