Logo DW

Jika Harus Jual Instagram dan WhatsApp, Facebook Ikhlas Enggak?

Fitur Facebook, Instagram dan WhatsApp di smartphone.
Fitur Facebook, Instagram dan WhatsApp di smartphone.
Sumber :
  • dw

Didukung oleh jaksa agung dari 48 negara bagian dan distrik Amerika Serikat (AS), Komisi Perdagangan Federal AS (FTC) pada Rabu menyatakan bahwa perusahaan media sosial Facebook telah menyalahgunakan pilihan konsumen dan dat pribadi pengguna dengan praktik bisnisnya yang tidak adil.

Hal yang menjadi konflik adalah pertanyaan seputar motivasi raksasa teknologi itu membeli platform berbagi foto Instagram pada 2012 dan aplikasi pesan instan WhatsApp pada 2014.

FTC berargumen bahwa Facebook mengakuisisi dua aplikasi tersebut dalam upaya mempertahankan dominasi pasarnya. Oleh karena itu, Instagram dan WhatsApp harus dipecah dari Facebook.

Kehilangan Instagram dan WhatsApp akan menimbulkan pertanyaan serius tentang kelangsungan hidup Facebook dalam jangka panjang. Kedua aplikasi populer itu dimaksudkan untuk memainkan peran penting di masa depan Facebook, yang penggunaannya terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Menantang Facebook di depan pengadilan federal akan menjadi upaya yang serius, terutama mengingat regulator meninjau kesepakatan pada saat akuisisi dan mengizinkan Facebook untuk melakukannya. Namun langkah tersebut bukannya tanpa preseden, dan para ahli percaya bahwa tuntutan hukum tersebut masih relevan.

Facebook bukan pertama yang dipaksa menjual afiliasi

Facebook mungkin saja bisa dibongkar, seperti perusahaan telekomunikasi AS AT&T pada awal 1980-an, kata Jaksa Agung Carolina Utara Josh Stein, salah satu jaksa agung yang terlibat dalam penyelidikan, dalam sebuah pernyataan.