Game Arena of Valor Dihapus dari App Store

Game online Arena of Valor (AoV).
Sumber :
  • Bgr.com

VIVA – Raksasa teknologi asal China, Tencent telah mengonfirmasi bahwa Huawei menghapus katalog game online Tencent dari Huawei App Store, karena kedua perusahaan gagal mencapai kesepakatan tentang pembagian pendapatan.

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

“Karena kegagalan platform game seluler Huawei untuk memperbarui kontraknya pada Perjanjian Proyek Promosi Game Seluler kami sesuai jadwal, produk-produk Tencent Games yang relevan tiba-tiba dihapus dari raknya pagi ini," keterangan dari perusahaan.

Dikutip dari laman Gizmochina, Sabtu, 2 Januari 2021, Huawei saat ini menguasai 41,4 persen pangsa pasar ponsel China dan 14,9 persen pasar global, menurut data dari firma riset IDC dan Canalys.

Huawei Band 9: Layar Mirip Smartwatch, Harga Cuma Setengah Juta

Tencent menjual beberapa game online peringkat teratas di dunia, salah satunya Arena of Valor. Kemitraannya dengan Huawei adalah hal yang penting, karena dengan itu mereka mampu memanfaatkan ratusan juta ponsel Huawei yang beredar di China, merupakan pasar terbesar Tencent.

Sumber yang mengetahui masalah tersebut mengisyaratkan bahwa game dihapus karena perusahaan tidak menyetujui kesepakatan pembagian pendapatan untuk penjualan toko aplikasi. Huawei dilaporkan bersikeras menerima potongan 50 persen, sementara Tencent tidak menyetujui itu.

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

Tencent mengisyaratkan bahwa mereka secara aktif berkomunikasi dan bernegosiasi dengan platform game seluler Huawei, dalam upaya mencapai resolusi secepat mungkin. Mereka juga menyampaikan permintaan maaf kepada semua pengguna atas ketidaknyamanan ini.

Selain Tencent, ada peningkatan resistensi dari pengembang game terhadap permintaan pendapatan Huawei. Tahun lalu, pengembang yang berbasis di Shanghai, Mihoyo, memutuskan untuk tidak menempatkan game Genshin Impact di toko aplikasi Huawei, karena gagal mencapai kesepakatan komisi untuk penjualan.

Perselisihan ini mengingatkan kita pada kerumitan antara Apple dan Epic Games, yang berujung pada penghapusan Fortnite dan judul Epic Games lainnya dari App store, karena tidak sepakat mengenai pendapatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya