Begini Kabar Terbaru James Webb, Teleskop Pemburu Alien?

Teleskop James Webb.
Sumber :
  • Medium

VIVA – James Webb, teleskop sapu jagat pemburu alien, sudah pergi ke luar angkasa tepat pada 25 Desember 2021 atau saat Natal.

Terkuak, Warna Ini Bisa Memprediksi Keberadaan Alien

Kini, teleskop pengganti Hubble itu sedang dalam tahap akhir 'menyesuaikan diri' di tata surya untuk kemudian bisa mengumpulkan beberapa bukti yang belum pernah ditemukan.

Pada Kamis kemarin, 6 Januari 2022 pukul 08.48 EST atau 20.48 WIB, tim misi dari Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA mencatat Aft Deployable Instrument Radiator (ADIR) mulai terbuka untuk pindah ke posisi yang seharusnya.

Perburuan Alien Belum Usai, Kawan

ADIR adalah panel berukuran 4 kaki (1,2 meter) kali 8 kaki (2,4 meter) yang dipasang di bagian belakang observatorium dan dihubungkan dengan tali aluminium foil ke instrumen James Webb.

Radiator ditutupi sel sarang lebah dengan permukaan ultra-black, memungkinkannya menarik panas dari instrumen observatorium dan mengirimkannya ke luar angkasa.

UFO Terpantau Lagi Keliling Bulan

ADIR dilipat ke dalam dengan empat kunci, yang mana tiga di antaranya dibuka setelah peluncuran yang memakan waktu 15 menit.

Kait terakhir terbuka dan panel mencapai pengaturan terakhirnya, mengutip dari situs Space, Jumat, 7 Januari 2022.

Radiator adalah bagian penting dari teknologi yang memungkinkan observatorium menangkap sinyal inframerah yang redup. Karena cahaya inframerah terhubung ke panas, instrumen inframerah harus tetap sangat dingin.

Radiator James Webb dikombinasikan dengan pelindung Matahari. Teleskop sapu jagat pemburu alien tersebut juga memiliki orbit jauh di sisi yang berlawanan dengan Bumi dari Matahari yang akan menjauhkan panas dari instrumen sensitif.

Pencapaian ADIR terjadi satu hari setelah observatorium itu berhasil memasang cermin sekunder. Agenda berikutnya adalah membuka dua panel samping dari cermin utama.

Cermin utama James Webb mencakup 18 segmen. Dalam keadaan akhir bentuk cermin akan sangat besar. Nah, agar muat saat dibawa dengan roket maka infrastruktur dibuat ramping di mana tiga segmen cermin terlipat ke belakang.

Tim membutuhkan waktu satu hari untuk membuka dan mengunci setiap panel samping. Prosesnya diperkirakan akan dimulai dengan Port Primary Mirror Wing. Kemudian dilanjutkan dengan Starboard Primary Mirror Wing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya