Fitur Sepele WhatsApp yang Belum Banyak Orang Tahu

WhatsApp.
WhatsApp.
Sumber :
  • NewsBeezer

VIVA – Aplikasi pesan instan WhatsApp menjadi layanan paling populer di dunia dengan penggunanya berjumlah 2 miliar orang. Platform tersebut mempunyai berbagai fitur, baik itu untuk ranah obrolan maupun masalah privasi.

Kali ini, yang akan menjadi pembahasan adalah fitur-fitur di obrolan yang bisa digunakan untuk pengguna iOS maupun Android, dikutip VIVA Tekno dari situs Pocket-lint, Rabu, 26 Januari 2022:

Referensi dan balas pesan tertentu

Jenis Font di WhatsApp

Jenis Font di WhatsApp

Photo :
  • Tangkapan Layar WhatsApp

WhatsApp memungkinkan pengguna untuk membalas pesan tertentu. Balasan yang Anda ketik akan disajikan bersama pesan sebelumnya.

Untuk menggunakannya, pengguna iOS hanya tinggal menggeser gelembung obrolan yang akan dibalas ke arah kiri. Sedangkan Android dengan menekan lama pada gelembung kemudian pilih 'reply'.

Membalas pesan grup secara pribadi

Cara membuat tulisan unik di WhatsApp

Cara membuat tulisan unik di WhatsApp

Photo :
  • U-Report

Anda dapat membalas pesan grup secara pribadi dalam obrolan one-to-one tanpa harus repot mencari kontak. Untuk pengguna iOS bisa dengan tekan lama pada gelembung obrolan lalu pilih Reply Privately.

Sementara untuk Android dengan menekan dan tahan pesan di obrolan grup > pilih tiga tombol di pojok kanan atas > Reply Privately. Pesan akan muncul dalam obrolan one-to-one.

Ubah kata menjadi tebal, miring, atau dicoret

Kata tertentu terkadang perlu lebih ditekankan dengan tulisan tebal, miring atau dicoret. WhatsApp memungkinkan Anda membuat kata atau frasa apa pun yang Anda inginkan.

Untuk membuatnya tebal tambahkan tanda bintang (*) di kedua sisi kata. Huruf miring dengan menambahkan garis bawah (_) di kedua sisi. Sedangkan, dicoret harus menambah tilde (~).

Kirim pesan suara

Platform ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan suara ke kontak. Caranya dengan masuk ke obrolan tertentu, lalu ketuk mikrofon di sebelah kanan, tahan dan tekan mikrofon saat merekam.

Opsi lainnya dalam mengirim catatan suara

Mengirim pesan suara juga dapat dilakukan dengan mengunci tombol mikrofon sehingga pengguna dapat tetap merekam pesam tanpa harus memegang ponsel Anda.

Cara menggunakannya untuk pengguna dengan sistem operasi iOS dan Android adalah dengan memilih obrolan > untuk mikrofon di sebelah kanan kotak pesan > tekan dan tahan mikrofon > geser ke atas hingga terkunci. Mikrofon kemudian akan dikunci ketika merekam sampai mengirim pesan.

Mempercepat pemutaran pesan suara

Cara Membuat Suara Google jadi Notifikasi WhatsApp

Cara Membuat Suara Google jadi Notifikasi WhatsApp

Photo :
  • U-Report

Anda dapat mempercepat pemutaran pesan suara 1,5x atau 2x, memungkinkan Anda mendengarkan pesan yang lebih lama dengan lebih cepat. Ini mudah dilakukan dan tidak mengubah nada suara orang tersebut.

Caranya dengan masuk ke obrolan, ketuk ikon putar di sebelah pesan suara yang ingin Anda percepat > ketuk ikon 1x yang muncul di sana untuk menjadikannya 1,5x > ketuk 1,5x untuk membuatnya 2x lebih cepat > ketuk ikon 2x untuk mengubah kembali ke 1x atau suara normal.

Tandai obrolan sebagai belum dibaca

Fitur yang satu ini sangat ampuh untuk pengguna yang terkadang membuka obrolan saat sedang melakukan kegiatan lain sehingga lupa untuk membalasnya. Ada cara untuk menandai obrolan penting untuk mengingatkan Anda kembali ke sana.

iOS: masuk ke daftar obrolan > gesek ke kanan > tandai sebagai pesan yang belum dibaca. Cara untuk Android dengan menekan lama obrolan > buka menu > tandai sebagai belum dibaca.

Sematkan obrolan ke atas

Jika Anda cenderung lupa untuk membalas pesan, Anda juga dapat menyematkan obrolan sehingga muncul di bagian atas dari semua obrolan, termasuk di atas obrolan baru dan yang belum dibaca. Fitur ini hanya dapat menyematkan tiga obrolan.

iOS: daftar obrolan > gesek ke kiri > pin o1brolan. Android:  Tekan lama obrolan lalu tekan pin di bagian atas layar.

Bisukan obrolan atau obrolan grup

WhatsApp.

WhatsApp.

Photo :
  • Pixabay

Obrolan grup bisa menjadi tidak menyenangkan bagi seseorang. Pengguna mungkin tidak dapat meninggalkan percakapan, tetapi mereka dapat membisukan notifikasi sehingga Anda tidak lagi terganggu dengan suara notifikasi.

iOS: Buka obrolan grup atau pribadi > ketuk subjek untuk mendapatkan info grup atau info ont5ak > Mute >pilih berapa lama Anda ingin menonaktifkannya. Android: obrolan > buka obrolan > pilih tombol menu > Mute.

Arsipkan obrolan

Obrolan yang diarsip memungkinkan pengguna menyembunyikan percakapan dari layar obrolan. Itu tidak menghapus obrolan, hanya memungkinkan pengguna untuk menghapusnya dari layar obrolan utama tanpa kehilangan obrolan.

Anda dapat mengarsipkan grup atau obrolan individu dan obrolan tersebut akan hilang sampai anda mengembalikannya ke semula. iOS: obrolan > pilih obrolan > gesek ke kanan > Arsip.

Untuk mengarsipkan semua, masuk ke menu Setting > Chat > arsipkan semua obrolan. Android: Chat > tekan lama pada obrolan > tekan folder arsip di kanan atas layar.