4 Cara Cek Pulsa Telkomsel, Mudah dan Praktis

Telkomsel
Sumber :
  • Dok. Telkomsel

VIVA – Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara cek pulsa Telkomsel, simak artikel ini. Dalam artikel kami akan membahas bagaimana cara cek pulsa Telkomsel dan apa keuntungannya jika menggunakan provider yang satu ini.

58 Persen Penduduk Indonesia jadi Pelanggan Telkomsel

Cara Cek Pulsa Telkomsel

1. Cara Cek Pulsa Telkomsel via Dial Up

Telkomsel Kasih Kabar Positif

Cara cek pulsa telkomsel

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Cara cek yang pertama sangat umum dilakukan dan mudah. Cara cek pulsa Telkomsel pertama ini dengan melakukan panggilan pada nomor dial up *888#. Berikut langkah untuk cek pulsa Telkomsel via Dial Up:

Driver Ojol juga Bisa Mudik Lebaran Gratis
  • Buka aplikasi panggilan pada telepon seluler.
  • Ketik *888#
  • Tekan “Call”.
  • Layar panggilan pada telepon seluler akan menampilkan informasi mengenai sisa pulsa, jumlah penggunaan pulsa, dan masa aktif kartu Telkomsel yang dimiliki.

Cara cek pulsa Telkomsel ini bisa dikatakan cara versi lama dan masih digunakan pengguna Telkomsel untuk mengecek pulsa Telkomsel.

2. Cara Cek via Telepon

cara cek pulsa telkomsel via panggilan

Photo :
  • tangkapan layar

Selain cara di atas, kamu juga bisa mengecek dengan telepon. Terdapat 3 nomor yang dapat dihubungi yakni 888, 155, dan 188. Ketiga nomor tersebut memiliki Cara yang hampir mirip dalam melakukan panggilan telepon untuk mengecek pulsa.
Telepon 888
Cara cek pulsa Telkomsel melalui telepon 888:

  • Ketik 888 pada layar panggilan.
  • Tekan “Call”.
  • Saat sudah tersambung, suara operator dari sistem akan menyebutkan jumlah sisa pulsa beserta masa aktifnya.

Telepon 155
Layanan telepon 155 ini gratis. Berikut cara cek pulsa Telkomsel melalui telepon 155:

  • Ketik 155 pada layar panggilan
  • Tekan “call”.
  • Setelah itu, ikuti petunjuk dari suara mesin operator.

Telepon 188
Pengguna Telkomsel bisa mengecek pulsa Telkomsel via telepon Call Center di nomor 188. Layanan telepon 188 ini dikenakan biaya Rp300/panggilan. Berikut cara Cek melalui Telepon 188:

  • Ketik 188 pada layar panggilan.
  • Tekan “call”.
  • Kemudian pengguna dapat langsung menanyakan informasi mengenai sisa pulsa dan masa aktif pulsa ke petugas operator.

3. Cara Cek via Website

web my telkomsel

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Kamu juga bisa mengecek pulsa telkomsel kamu dengan menggunakan website resminya di my.telkomsel.com. Untuk cara cek pulsa Telkomsel melalui website resmi ini, pengguna harus terdaftar sebagai anggota MyTelkomsel.

Cara daftarnya pun sangat mudah, yaitu hanya dengan menggunakan nomor Telkomsel yang dimiliki. Jika tidak terdaftar, pengguna tidak akan bisa mengakses website tersebut.

Cara cek melalui website yaitu :

  • Kunjungi website MyTelkomsel yaitu my.telkomsel.com
  • Klik “Masuk”.
  • Masukkan nomor ponsel
  • Sistem akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor pengguna.
  • Masukkan kode tersebut dengan benar dan ikuti instruksi yang muncul.
  • Ketika sudah berhasil, pada website resmi MyTelkomsel akan menampilkan jumlah sisa pulsa yang dimiliki.

4. Cara Cek via Aplikasi My Telkomsel

aplikasi my telkomsel

Photo :
  • Tangkapan layar

Cara cek pulsa telkomsel yang terakhir yaitu dengan menggunakan aplikasi Telkomsel yang bernama My Telkomsel. Aplikasi ini dapat dimiliki para pengguna Telkomsel secara gratis dengan mendownloadnya di Play Store maupun App Store. Jika sudah memiliki aplikasi ini, cara selanjutnya yaitu:

  • Buka aplikasi My Telkomsel.
  • Masukkan nomor telepon yang terdaftar.
  • Jika sudah berhasil masuk, pada halaman utama para pengguna akan melihat informasi sisa pulsa, sisa kuota, nomor telepon, dan masa aktif pulsa.

Kenapa kamu Perlu Pakai Layanan 4G?

Jaringan 4G.

Photo :
  • Unsplash

Teknologi 4G LTE yang muncul di Indonesia sejak tahun 2014 membawa manfaat bagi perkembangan internet seluler di tanah air. Pasalnya, dengan adanya teknologi seluler generasi keempat ini, masyarakat Indonesia semakin terpacu untuk menggunakan smartphone-nya untuk berbagai kebutuhan.

Seperti yang kita ketahui bersama, sebelum 4G hadir di Indonesia, masyarakat menggunakan teknologi 2G dan 3G untuk mengakses internet melalui perangkat smartphone. Tentu saja, dibandingkan dengan 4G, kecepatan jaringan yang diberikan oleh dua teknologi pertama tidak ada bandingannya dan bisa dikatakan cukup lambat.

Karena 2G mengandalkan Global General Packet Radio Service (GPRS) untuk memberikan kecepatan tertinggi 53 Kbps. EDGE meningkatkan kecepatan data menjadi 384 Kbps. Baru pada tahun 2005 Telkomsel berhasil melakukan uji coba pertama teknologi 3G di Indonesia. 3G diharapkan dapat memberikan kecepatan maksimum 2 Mbps.

Mungkin orang-orang yang ada di sana pada saat itu menganggapnya biasa saja. Sekali pun kamu terbiasa menggunakan 4G saat ini, mengakses kembali internet menggunakan teknologi 3G akan membuat perbedaan atau perbedaan yang signifikan. Kamu mungkin kesal karena internet tidak secepat 4G. Ya, teknologi 4G sendiri lebih cepat dari 3G. Secara teori, 4G dapat memberikan kecepatan hingga 200 Mbps atau lebih. 

Apa saja Manfaat Layanan 4G?

Jaringan 3G dan 4G.

Photo :
  • Pixabay

Apa saja sih keuntungan menggunakan layanan 4G ini? Seberapa penting menggunakan 4G? Simak manfaatnya berikut ini dikutip dari telkomsel.com.

1. Mendukung Gaya Hidup Digital

Salah satu manfaat utama penggunaan layanan 4G yang bisa dirasakan oleh pengguna yaitu untuk mendorong gaya hidup digital, seperti menonton video streaming lebih kencang, mendengarkan musik secara streaming lebih lancar, download dan upload tanpa kendala, hingga bermain video game tanpa lag.

Semua kelebihan itu mungkin tidak akan dapat rasakan jika kamu masih menggunakan layanan 3G apalagi layanan 2G. Jika kamu menggunakan layanan 4G, kamu juga tak perlu lagi ragu dalam menonton video streaming dengan kualitas HD, karena bisa dilakukan tanpa buffering.

2. Proses Bekerja dan Belajar Jarak Jauh Tanpa Kendala

Saat ini kita sudah mulai terbiasa dalam bekerja dan belajar jarak jauh menggunakan teknologi video call, terlebih di masa pandemi seperti saat ini. Untungnya ketika pandemi ini terjadi, layanan 4G sudah menyebar dan masif dipakai oleh masyarakat. 

3. Meningkatkan Produktivitas

Internet cepat dari layanan 4G juga dapat meningkatkan produktivitas, terutama yang berkaitan dengan industri konten. Ini sangat cocok untuk pembuat konten. Pasalnya, kecepatan jaringan yang dihasilkan 4G bisa membuat proses download dan upload video menjadi lebih cepat. Jadi bagi yang sering mendownload atau mengupload file berukuran besar, hal ini seharusnya tidak menjadi masalah lagi.

Dengan akses internet yang luas, banyak masyarakat Indonesia yang meniti karier sebagai content creator, baik di platform YouTube maupun media sosial lainnya seperti Instagram. Internet cepat dari 4G juga memungkinkan tidak ada lag dalam bermain game, yang akan berdampak pada kemajuan industri game dan eSports di Indonesia.

4. Mendukung Aktivitas Keseharian

Di era yang maju seperti saat ini, aktivitas masyarakat lebih banyak dilakukan di dunia digital. Saat ini terdapat banyak aplikasi-aplikasi yang diciptakan untuk mendukung aktivitas keseharian, di antaranya aplikasi perbankan, e-learning, hingga e-health.

Dengan latensi yang lebih rendah, teknologi 4G sangat cocok untuk digunakan dalam mendukung aktivitas keseharian. Transaksi perbankan menggunakan aplikasi dapat dilakukan hanya dalam waktu sekejap, begitu juga dengan pemanfaatan aplikasi e-health untuk berkonsultasi kesehatan.

Buat kamu yang belum beralih ke 4G, segera tukar SIM card lama kamu di GraPARI terdekat atau dapat melakukan permintaan ganti kartu secara online melalui Virtual Assistant Telkomsel dan sosial media Telkomsel. 

Itulah beberapa cara cek pulsa Telkomsel dan beberapa keuntungan menggunakan layanan 4G. semoga artikel bermanfaat.

Kartu SIM atau SIM card.

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

Telkomsel juga telah meluncurkan Embedded Subscriber Identity Module (eSIM) yang diharapkan dapat mengurangi limbah bekas cangkang kartu SIM.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024