Noice Punya Wadah untuk Para Konten Kreator Lokal Berkreasi Bebas

CEO Noice Rado Ardian dan CBO Noice Niken Sasmaya (tengah).
Sumber :
  • VIVA/Agus Setiawan

VIVA – NOICE luncurkan Noicemaker Studio untuk para konten kreator audio lokal. Noicemaker Studio merupakan sebuah ruang digital tanpa batas bagi konten kreator untuk bisa mengoptimalkan karya yang dimiliki di industri konten audio tanah air.

Aurel Minta Maaf Lantaran Pertanyaan Anang, Begini Respons Tak Terduga Ghea Indrawari

Melalui Noicemaker Studio, semua konten kreator dari seluruh penjuru Indonesia dapat menampilkan karya terbaik mereka, khususnya podcast, ke dalam aplikasi NOICE dan menjangkau audiens lebih luas melalui jaringan ekosistem NOICE.

Co-founder & CEO NOICE, Rado Ardian, dalam peluncuran Noicemaker Studio yang digelar pada Rabu, 13 April 2022 di Hutan Kota by Plataran mengatakan, “Noicemaker Studio lahir dari komitmen kami untuk menciptakan ekosistem konten audio berkualitas dan dapat diakses dengan mudah oleh semua konten kreator. Kami menyadari bahwa masih banyak konten kreator audio yang kesulitan mendapatkan akses untuk menjangkau pendengar yang lebih luas. Disisi lain, mereka tidak punya insight berbasis data mengenai perfoma podcast mereka sehingga menimbulkan keterbatasan bagi mereka untuk menghasilkan karya yang lebih baik.

IP Podcast Meriahkan Hari KI Sedunia Tahun 2024 di 33 Provinsi

Lebih lanjut Rado menjelaskan “Di Noicemaker Studio, para konten kreator atau disebut noicemaker ini dapat memasukkan konten podcast mereka ke aplikasi NOICE dengan mudah, serta memiliki akses langsung ke dashboard akun kreator NOICE untuk melihat perfoma karya mereka secara detail. Hal ini secara langsung akan memudahkan mereka untuk mendapatkan berbagai insight menarik yang tentu akan mendorong kualitas karya mereka ke depan.”

Bagaimana cara menggunakan Noicemaker Studio?

Bobon Santoso Menangis Sesenggukan Usai Ceritakan Mengenai Papua

Buat para kreator dapat mengakses Noicemaker Studio melalui laman studio.noice.id dan mendapatkan akses untuk menghadirkan konten mereka di NOICE dengan cara memasukkan link RSS podcast mereka ke halaman website tersebut.

Selain diperuntukkan bagi para kreator baru, Noicemaker Studio juga dapat dimanfaatkan oleh para kreator NOICE yang sudah terlebih dulu bergabung untuk melihat perfoma dari berbagai konten yang mereka hadirkan. Hal ini diharapkan, mereka untuk mendapatkan motivasi, dan inovasi menciptakan karya yang lebih baik.

NOICE memiliki hampir 2 juta pendengar

Noicemaker Studio merupakan bagian dari Noicemaker Club Program (NCP), sebuah program terintegrasi yang dihadirkan NOICE untuk mendukung para konten kreator tumbuh dan berkembang seiring dengan kesuksesan perfoma konten mereka. Dengan platform ini semua bisa jadi konten kreator dan podcaster. Bahkan, NOICE telah memiliki hampir 2 juta pendengar dengan menyuguhkan lebih dari 120 konten original dan eksklusif dalam berbagai genre.

“Dengan hampir 2 juta pendengar NOICE yang terus bertumbuh, kami yakin hal ini akan sangat membantu dalam mewujudkan komitmen NOICE untuk memajukan industri konten audio di tanah air, sejalan dengan posisi kami saat ini sebagai produsen IP (intellectual property) konten audio terbesar di Indonesia,”jelas Niken.

Bergabung di NOICE bisa dapat cuan

Dengan bergabungnya para kreator audio ke dalam platform NOICE, mereka akan bisa memonetize karya mereka. NOICE akan menyediakan fitur monetisasi, yakni Noice Live VIP dan Noice Live Virtual Gift.

“Saat ini untuk kreator kita akan desain monetisasi, itu akan melalui Noice Live VIP dan Noice Live Virtual Gift. Jadi Noicemaker Studio ini adalah sebuah cara untuk kreator bisa mulai masuk dulu ke dalam ekosistem NOICE bertemu dengan para komunitas pendengar NOICE membangun audiens ke dalam NOICE. Dan nantinya ketika sudah terbangun audiens itu, dia akan bisa berfikir untuk membuat NOICE Live” kata Rado.

Fitur Noice Live Virtual Gift yaitu pendengar bisa memberikan gift kepada kreator kesukaan mereka. Gift tersebut akan dikonversi menjadi uang sehingga kreator bisa menghasilkan cuan dari konten mereka.

Sementara Noice Live VIP merupakan ruang interaksi antara kreator dengan penggemar yang benar-benar menyukai dan mengikuti konten mereka. Para pendengar bisa mendengar konten-konten kreator secara eksklusif yang menarik dengan Noice Live VIP. Konten yang disuguhkan ini tentu tidak sama dengan yang diberikan kepada semua orang.

Apa keuntungannya bergabung di platform NOICE?

Melalui Noicemaker Studio, para kreator akan mendapatkan banyak kemudahan dan dukungan, diantaranya: 

  • Akses tanpa batas bagi para konten kreator dimanapun dan kapanpun untuk bisa memasukkan konten podcast mereka ke NOICE 
  • Akses dashboard untuk mengetahui performa karya mereka lewat fitur analitik. Data yang bisa dimonitor sangat lengkap mulai dari performa konten, profil pendengar, interaksi, hingga daerah asal pendengar. 
  • Dukungan NOICE yang beragam lewat NCP - untuk setiap kreator mulai dari edukasi dan pelatihan cara memproduksi konten audio yang menarik, dukungan dalam proses produksi dan fasilitas studio rekaman, promosi, hingga langkah monetisasi.

Konten di platform NOICE ini bisa dinikmati secara gratis dengan beragam konten yang menarik. NOICE telah memiliki hampir 2 juta pendengar. Dengan demikian, ini akan menjangkau popularitas para kreator.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya