Apple dan Bestie Steve Jobs Pecah Kongsi

CEO Apple Tim Cook (kiri) bersama desainer iPhone dan iPod, Jony Ive.
Sumber :
  • Instagram/@earcos

VIVA Tekno – Sebuah laporan mengatakan bahwa Apple dan Jony Ive telah benar-benar'putus'. Ive adalah kolaborator yang dekat dengan Steve Jobs dan dikreditkan saat merancang kasing plastik transparan berwarna permen yang dikenal komputer Mac versi lama.

iPhone 16 May Apply New Design for Its Buttons

Dia juga membantu merancang iPod, earbud putih, iPhone, iPad, serta Apple Watch. Ive bahkan dilaporkan menyumbangkan ide untuk headset realitas Apple yang akan datang.

Dirinya telah meninggalkan raksasa teknologi pada 2019 setelah lebih dari dua dekade berkontribusi di perusahaan. Kemudian ia membentuk perusahaannya sendiri bernama LoveFrom. Apple menjadi klien pertama dan utamanya.

iPhone 16 akan Punya Tombol Misterius

Laporan mengatakan bahwa kedua belah pihak sepakat untuk tidak memperpanjang kontrak mereka menjelang berakhirnya kontrak dan berhenti bekerja sama untuk pertama kalinya sejak 1990-an.

Oleh sebab itu kali ini hubungan Ive dengan Apple kemungkinan besar benar-benar putus, menurut situs Engadget, Kamis, 14 Juli 2022.

Apple Bagi-bagi Undangan

Pada tahun 2015 ia diangkat sebagai Chief Design Officer pertama Apple. Namun kemudian perannya terus berubah selama bertahun-tahun.

Rumor saat itu mengatakan setelah Ive meninggalkan Apple, dia merasa putus asa karena kurangnya minat Tim Cook dalam desain dan keputusannya untuk fokus pada penjualan perangkat lunak dan layanan. Tapi CEO Apple itu menyebut bahwa laporan tidak masuk akal.

Kontrak multi-tahun LoveFrom dengan Apple bernilai US$100 juta. Apple melarang perusahaan mengambil proyek apa pun yang bisa dianggap sebagai saingan mereka.

Ive dikabarkan menginginkan kebebasan untuk menerima klien baru tanpa perlu meminta izin dari Apple. Sementara itu, para eksekutif perusahaan tampaknya mempertanyakan jumlah yang dibayarkan Apple kepadanya dan frustrasi karena karyawan yang berhenti untuk bergabung dengan LoveFrom.

Ketika Ive telah meninggalkan Apple, LoveFrom menandatangani kesepakatan dengan perusahaan Apple di mana Cook mengatakan berharap untuk bekerja dengannya jauh di masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya