5 Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh, Bisa Tangkal Virus dan Bakteri

Vitamin C.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ada beberapa jenis vitamin untuk daya tahan tubuh yang wajib diketahui oleh semua orang. Sebab, menjaga sistem kekebalan tubuh merupakan kunci utama untuk menangkal virus, bakteri, maupun penyakit. Mempunyai gaya hidup yang sehat, seperti mengonsumsi buah-buahan, berolahraga, dan tidur cukup akan membantu untuk menjaga kekebalan tubuh.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Sementara laman Medical News Today mengatakan, beberapa peneliti meyakini bahwa cuaca dingin bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang. Kemudian, saat kinerja sistem imun semakin menurun, tubuh akan kesulitan melawan infeksi yang bisa mengakibatkan penyakit. Maka dari itu, diperlukan vitamin untuk daya tahan tubuh.

Sedangkan vitamin adalah salah satu jenis nutrisi yang mempunyai peran penting untuk tubuh. Meski diperlukan dalam jumlah yang relatif kecil, kebutuhan tubuh akan vitamin tetap harus dipenuhi. Ada beberapa jenis vitamin yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh setiap hari. Berikut ulasan selengkapnya yang dirangkum dari berbagai sumber:

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

1. Vitamin A

Wajib Tahu! 5 Kandungan Skincare yang Aman Buat Semua Jenis Kulit

Sumber vitamin A

Photo :
  • Times of India

Selama ini mungkin banyak dari kalian yang mengenal bahwa Vitamin A hanya sebagai vitamin yang baik untuk menjaga fungsi penglihatan. Namun ternyata, ada banyak manfaat lain ketika kamu mengonsumsi vitamin A, salah satu yang dapat dirasakan adalah menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin A mempunyai peran untuk proses pembentukan sel darah putih.

Sel darah putih ini mempunyai fungsi untuk melawan benda asing, seperti virus maupun bakteri yang masuk ke dalam tubuh kamu. Ketika kualitas dan kuantitas sel darah putih bisa terjaga dengan baik, maka risiko terkena penyakit karena infeksi, seperti Covid-19 akan menurun. Untuk mendapatkan asupan Vitamin A, kamu bisa mengonsumsi hati sapi dan buah serta sayuran yang berwarna terang seperti wortel, brokoli, labu, tomat, dan semangka.

2. Vitamin B

Ikan Tuna Goreng

Photo :
  • vstory

Bukan hanya baik dikonsumsi oleh ibu hamil, asupan vitamin B juga harus dipenuhi setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh tetap optimal. Vitamin untuk daya tahan tubuh ini bisa ditemukan dalam biji-bijian, kacang-kacangan, paprika, tuna, daging ayam, ikan, serta susu dan produk olahannya yang merupakan beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi untuk memenuhi asupan vitamin B.

3. Vitamin C

Buah Yang Mengandung Vitamin C

Photo :
  • vstory

Vitamin C mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari mengoptimalkan fungsi sel darah putih untuk melawan infeksi, kemudian menangkan efek radikal bebas, menjaga kesehatan kulit, sampai untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Kombinasi itu menjadikan vitamin C ini mempunyai manfaat sebagai salah satu jenis vitamin yang paling sering dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh.

Bahkan, berbagai jenis produk suplemen dengan kandungan vitamin C bisa dengan mudah ditemui di pasaran. Namun, selain suplemen, vitamin C juga bisa kamu peroleh secara alami dari berbagai jenis buah seperti jeruk, lemon, kiwi, stroberi, dan sayuran, seperti brokoli serta bayam.

4. Vitamin D

Ilustrasi manfaat vitamin D dapat menurunkan berat badan

Photo :
  • pixabay

Vitamin untuk daya tahan tubuh selanjutnya ini sudah banyak membuktikan bahwa sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga membantu untuk melawan infeksi adalah vitamin D. Asupan vitamin yang satu ini bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan, seperti ikan, telur, sereal, dan margarin yang sudah diperkaya dengan vitamin D.

Selain diperoleh lewat makanan bergizi, tubuh juga bisa memproduksi vitamin D sendiri ketika kulit terkena paparan sinar matahari secara langsung. Untuk memperoleh manfaat sinar matahari yang mengandung vitamin D, kamu disarankan untuk menjemur di bawah sinar matahari sekitar 5-15 menit selama 2-3 kali seminggu.

Tapi, ada baiknya kamu tidak menjemur tubuh pada pukul 10.00-16.00 lantaran sinar matahari pada waktu tersebut bisa membuat kulit rentan terbakar.

5. Vitamin E

Sumber vitamin E

Photo :
  • Times of India

Vitamin E adalah salah satu jenis vitamin yang bisa bekerja seperti layaknya antioksidan. Oleh sebab itu, vitamin E baik dikonsumsi untuk memperkuat daya tahan tubuh dan juga mencegah kerusakan sel-sel tubuh karena efek radikal bebas. Kacang-kacang dan biji-bijian, seperti biji bunga matahari, kacang almond, dan kacang tanah adalah sumber utama vitamin untuk daya tahan tubuh ini. Selain  itu, vitamin E juga bisa ditemui dalam mangga, alpukat, dan bayam.

6. Multivitamin

Pil multivitamin

Photo :
  • U-Report

Selain dengan makanan sumber vitamin yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa mempertimbangkan dengan mengonsumsi suplemen atau multivitamin sebagai alternatif untuk memenuhi asupan harian vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, harus diingat bahwa suplemen vitamin tidak bisa menggantikan makanan sepenuhnya.

Karena, selain untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin, makanan yang bergizi juga bisa memenuhi asupan nutrisi penting yang lain, selain protein, serat, karbohidrat, dan mineral. Bukan hanya itu, untuk menjaga kesehatan tubuh kamu, kamu juga harus melaksanakan gaya hidup sehat, yaitu dengan rajin berolahraga setidaknya 150 menit dalam seminggu.

Kamu juga harus beristirahat yang cukup dan menghentikan kebiasaan merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol yang tentu saja membahayakan kesehatan tubuh. Jika perlu, konsultasikanlah dengan dokter untuk mengetahui pola makan sehat dan juga cara memenuhi asupan nutrisi, termasuk dosis vitamin untuk daya tahan tubuh sesuai kebutuhan.

Buah pepaya.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Buah pepaya (Carica papaya) adalah buah tropis yang terkenal dengan rasa manisnya dan kandungan nutrisinya yang kaya, terutama bagi tubuh sehingga semakin sehat.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024