Kerja Sama Epson dan WWF Bantu Wisata dan Ekonomi Pulau Kangge

A Welcome from Marisa Village, Kangge Island
Sumber :
  • Arianti Widya's

VIVA Tekno – Epson Indonesia dan WWF Indonesia mengunjungi Desa Marisa, Pulau Kangge di Kabupaten Alor dalam tema “Reward Trip to Alor” pada 25 Agustus 2022. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat perkembangan rockpile rumah ikan, retorasi terumbu karang dan perkembangan masyarakat desa.

Sambut World Water Forum, Ditjen Imigrasi Permudah Visa hingga Siapkan Jalur Khusus

Diketahui, perusahaan asal Jepang itu telah mengunjungi Pulau Kangge pada 2013 lalu untuk memperbaiki terumbu karang yang rusak dan membuat rockpile. Untuk saat ini, Desa Marisa telah berusaha untuk menggarap ekowisata yang lebih baik.

Desa Marisa memiliki tiga destinasi wisata unggulan yaitu Bolu Way Loro, Watu Peti, dan Pasir Panjang. Ketiga tempat ini cocok untuk melakukan diving dan snorkeling.

Epson Undang Fotografer se-Asia Tenggara

Head of Public Relation and Marcomm, Nolly Dhanurendra mengatakan Epson Indonesia telah melakukan banyak kegiatan dari sisi lingkungan maupun komunitas.

“Jadi ini adalah bagian dari kegiatan Epson Indonesia untuk memberikan kembali kepada masyarakat. Jadi sudah banyak kegiatan yang kami lakukan baik dari sisi lingkungan maupun komunitas. Nah, salah satunya kegiatan yang kita lakukan di Pulau Kangge, Desa Marisa,” ujarnya di lokasi, dikutip Kamis 25 Agustus 2022.

Ajang World Water Forum di Bali, BNPT Ikut Dilibatkan untuk Cegah Terorisme

Ketua Pokdarwis di Desa Marisa, Pulau Kangge

Photo :
  • Arianti Widya

Selaku Ketua Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis di Desa Marisa, Rahmat Laba ikut menyambut kedatangan dari Epson Indonesia dan WWF Indonesia. Ia mengatakan bantuan dari Epson dan WWF ini meningkatkan perekonomian warga.

“Awalnya, warga hanya nelayan yang mencari ikan, nah, dengan pendekatan pariwisata mampu memberikan dampak pendapatan ekonomi warga. Memang belum merata, tapi sudah jauh lebih meningkat,” Ujar Rahmat Laba.

Menurut Rahmat Laba, sejauh ini hanya bantuan dari Epson dan WWF saja yang meningkatkan perekonomian warga.

“Pemerintah daerah pernah datang kesini (Desa Marisa), tapi, ya, hanya meninggalkan jejak saja. Tidak ada bantuan dan perhatian secara khusus. Padahal sudah dari 2015, Desa Marisa telah menjadi desa wisata. Sejauh ini, hanya Epson dan WWF saja yang memberikan bantuan.” Kata Rahmat Laba.

Selaku Ketua Desa Marisa, Suaib Tupong mengharapkan kerja sama antara Epson dan WWF untuk membantu Desa Marisa akan berkelanjutan.

“Mudah-mudahan kerja sama Epson dan WWF bisa berkelanjutan seperti membuat rumah ikan di pulau Kangge. Kemudian, membuat rockpile atau rumah ikan juga yang tersusun di sebelah barat pulau Kangge.” Ujar Suaib Tupong

Sebagai informasi, pulau Kangge sudah dijadikan tempat wisata yang sudah ditetapkan oleh Kabupaten Alor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya