Dugaan Kebocoran Data SIM Card, Reputasi Indonesia Bisa Tercoreng

Hacker.
Sumber :
  • New York Post

VIVA Tekno – Pemberitaan dugaan kebocoran data pribadi masyarakat belakangan ramai. Ironisnya, payung hukum yang kuat perihal perlindungan data tersebut tidak kunjung disahkan.

Indonesia Vs Uzbekistan, Diskominfo Ajak Warga Jambi Nobar di Gubernuran

Menanggapi hal tersebut pakar menyoroti apabila fenomena ini terus terjadi, maka dapat mencoreng nama Indonesia di muka internasional.

“Bila ini terus terjadi maka dunia internasional akan meningkat ketidakpercayaan pada Indonesia. Padahal Indonesia kini “pemimpin” G20, jangan sampai ajang G20 nanti dihiasi kebocoran data," terang Chairman lembaga riset siber CISSReC (Communication & Information System Security Research Center) Pratama Persadha, melalui keterangan tertulisnya, Sabtu, 3 September 2022.

Ajak Netizen Pakai Medsos untuk Hal Positif, Aurelie Moeremans: Aku Banyak Banget Dapet Kerjaan

Ia juga menyoroti absennya Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) yang membuat negara tidak memiliki aturan yang memaksa terhadap PSE ihwal perlindungan data penggunanya secara maksimal.

“Dengan kondisi di Indonesia yang belum ada UU Perlindungan Data Pribadi, sehingga tidak ada upaya memaksa dari negara kepada peneyelenggara sistem elekntronik (PSE) untuk bisa mengamankan data dan sistem yang mereka kelola dengan maksimal atau dengan standar tertentu.“ Tukas Pratama.

Investasi di Indonesia, Menperin Ingatkan Apple harus Penuhi Aturan TKDN

Lebih dalam, ia menganggap dengan absennya UU PDP tersebut, tidak ada yang bertanggungjawab soal kebocoran data, dan semuanya merasa menjadi korban.

“Banyak terjadi kebocoran data, namun tidak ada yang bertanggungjawab, semua merasa menjadi korban.” Tegasnya.

Selain itu, ia juga menyoroti peran Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN) yang menurutnya seminimal-minimalnya menjelaskan ke publik ihwal tindakan yang diambil oleh lembaga publik dalam menangani kebocoran data.

“BSSN juga harus masuk lebih dalam pada berbagai kasus kebocoran data di tanah air, minimal menjelaskan ke publik bagaimana dan apa saja yang dilakukan berbagai lembaga publik yang mengalami kebocoran data akibat peretasan.” Pungkas Pratama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya