INFOGRAFIK: Bocornya 1,3 Miliar Data Pengguna SIM Card

Kebocoran data SIM Card
Sumber :

VIVA – Untuk kesekian kali, kebocoran data terjadi. Kini, kebocoran data diduga telah menimpa para pengguna telepon seluler (ponsel) saat melakukan registrasi kartu SIM Card miliknya.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Sebelumnya, diduga data pelanggan listrik PLN dan Indihome diduga bocor. Data-data itu dijual di forum gelap dengan jumlah banyak.

Untuk data kartu ponsel alias SIM card, jumlah yang bocor tak main-main, sekitar 1,3 miliar. Awalnya, hal itu diungkap di Breached Forum lewat pengguna bernama Bjorka.

Rencana AS untuk Melarang TikTok Memicu Perpecahan Nasional

Bahkan, Bjorka telah menjual 1,3 miliar data registrasi kartu ponsel ini sebanyak 87 GB. Ia mendapatkan imbalan US$50 ribu (Rp774 juta).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan pihak Polri untuk mengejar pelakunya. "Kami memanggil semua operator seluler, Dukcapil, BSSN, Cyber Crime (Polri), dan
Dirjen PPI,” kata Irjen Aptika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan di Jakarta, Senin, 5 September 2022.

Jubir MK Jamin Putusan Sengketa Pilpres Tak Bocor ke Publik Sebelum Dibacakan

Untuk mengetahui data-data apa saja yang bocor serta ancaman pidana bagi pembobol datanya, silakan simak dalam Infografik di bawah ini.

Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Eks Sespri Sekjen Ungkap BAP KPK Bocor ke Pejabat Kementan

Mantan Sespri Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan), Merdian Tri Hadi mengatakan bahwa berkas berita acara pemeriksaan (BAP) milik KPK terkait kasus dugaan

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024