Nyata! Ini Cara Cegah Vampir Bangkit dari Kubur

Tengkorak seorang gadis dengan batu di mulutnya.
Sumber :
  • Universitas Stanford

VIVA Tekno – Para arkeolog baru-baru ini menemukan contoh dari pemakaman 'vampir' di Polandia dengan sabit di leher tubuh tersebut agar tidak bangkit dari kubur. Cara lainnya adalah dengan menempatkan batu atau bata di mulut mereka, kata para ahli.

Dijuluki Vampirnya Indonesia karena Awet Muda, Ricky Harun: Makan Darah Suci

Sebuah batu untuk menghentikan vampir Nachzehrer ditemukan dalam kasus seorang wanita di kuburan abad ke-16 di Lazzaretto Nuovo, sekitar 2 mil dari Venesia, Italia.

Wanita itu dijuluki Carmilla oleh para ilmuwan yang menemukannya, ditemukan dengan batu bata di mulutnya di dalam kuburan massal, sebuah ritual aneh yang tidak seperti penguburan lain pada saat itu.

Jerry Yan Bening Banget di Usia 47 Tahun, Netizen: Apakah Di Vampir?

Tidak banyak yang diketahui tentang identitasnya dalam kehidupan, tetapi para arkeolog tahu dia meninggal selama wabah mematikan pes, melansir dari laman Science Alert, Sabtu, 17 September 2022.

"Saya harus menemukan penjelasan untuk seseorang yang benar-benar memanipulasi tubuh manusia dengan penyakit mematikan," ujar Matteo Borrini, dosen utama antropologi forensik di Liverpool John Moore University.

Top Trending: Smash Kilat Megawati Bikin Lawan Terkapar, Akhir Tragis Pemeran Utama Mr Vampir

Edward Cullen, vampir di film Twilight

Photo :
  • instagram.com/newmocns/

Borrini adalah ilmuwan utama dalam penggalian. Dia melakukan pemeriksaan forensik yang cermat untuk memahami apa yang terjadi. Borrini menemukan wanita itu mungkin dianggap sebagai Nachzehrer, sejenis vampir dalam cerita rakyat Eropa kuno.

"Ini bukan ide klasik bahwa vampir keluar dan menghisap darah orang. Ini lebih kepada seseorang yang membunuh orang dari kubur sebelum bangkit sebagai vampir sepenuhnya," katanya.

Pernah ada tradisi yang mengatakan jika ada orang mati yang diyakini telah menyebarkan wabah di sekitar, mayat-mayat ini tidak sepenuhnya mati dan ditangkap oleh pengaruh setan.

Mereka akan mengunyah kain kafan di dalam kuburan dan menyebarkan wabah dengan cara magis seperti ilmu hitam. Menurut keyakinan, menempatkan batu bata di mulutnya akan mencegah Nachzehrer mengunyah jalan keluar mereka, dan dengan demikian melindungi yang masih hidup dari penyakit.

Para peneliti di Universitas Arizona dan Universitas Stanford menemukan contoh lain dari vampir. Kasus lain terdapat di pemakaman anak di situs vila Romawi kuno Poggio Gramignano di Teverina, Italia.

Tengkorak wanita abad ke-16

Photo :
  • Insider

Anak itu berusia sekitar 10 tahun, dimakamkan pada abad ke-5 saat wabah malaria yang mematikan. Sebuah batu juga ditempatkan di mulutnya.

Jordan Wilson, ahli bioarkeolog utama untuk proyek arkeologi Villa Romana di Poggio Gramignano mengatakan bahwa batu itu kemungkinan ada di sana untuk menjaga jiwa anak agar tidak masuk atau keluar dari tubuh.

"Ada ide yang sangat kuno tentang nafas yang dikaitkan dengan kehidupan dan jiwa, dan mulut sebagai semacam portal tempat keluarnya jiwa setelah kematian," katanya.

Batu itu kemungkinan merupakan cara untuk menjaga tubuh atau jiwa anak dari penyebaran penyakit atau menyiksa yang hidup. Mungkin juga cara untuk menjaga anak aman dari penyihir yang dapat membangkitkan anak-anak dari kematian dan menggunakan jiwa mereka.

Pemakaman Italia abad ke-5

Photo :
  • Universitas Stanford

Mitos Vampir telah menyertai kematian manusia selama berabad-abad. Itu adalah cara untuk memahami apa yang tidak dapat dijelaskan dengan pengetahuan pada saat itu, seperti kematian misterius selama wabah menular, kata Borrini.

"Para vampir mulai berburu dan membunuh anggota keluarga terlebih dahulu, lalu tetangga, dan kemudian semua desa lainnya. Padahal ini adalah pola klasik penyakit yang menular," katanya.

Borrini mendefinisikan vampir sebagai orang mati yang bangkit dari kematian. Sementara Wilson mengatakan setiap mitos di mana orang mati dapat menyiksa yang hidup, baik melalui roh mereka atau tubuh mereka yang dihidupkan kembali adalah bagian dari cerita rakyat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya