Komunikasi 2 Arah Lewat Media Sosial

YouTube, Facebook, dan Instagram.
YouTube, Facebook, dan Instagram.
Sumber :
  • 3DExport

VIVA Tekno – Aktivitas hubungan masyarakat atau public relations (PR) tidak dapat dipisahkan dalam keberlangsungan bisnis dan perusahaan.

Posisi ini memiliki peran penting dalam membangun hubungan baik dengan masyarakat dan menciptakan hubungan memuaskan antar stakeholder, yang pada akhirnya meningkatkan citra positif dan reputasi perusahaan.

Di tengah perkembangan teknologi digital, aktivitas PR dihadapkan pada tantangan perubahan media informasi yang digunakan, serta pola konsumsi dan komunikasi masyarakat.

Di mana informasi beredar semakin cepat melalui beragam platform digital, seperti media sosial Facebook, Instagram, YouTube, TikTok dan lainnya.

Mengutip data We Are Social: Indonesia Digital Report 2022, terungkap sebanyak 80,1 persen dari total pengguna Internet di Indonesia menggunakan internet untuk mencari informasi. Lalu, sebanyak 61,4 persen untuk mengikuti berita terkini.

Sementara pengguna media sosial di Indonesia saat ini mencapai 191,4 juta atau 68,9 persen dari total populasi. Dengan tiga media sosial teratas, Facebook terdapat 129,9 juta pengguna, YouTube 139 juta pengguna, dan Instagram dengan 99,15 juta pengguna.

Kondisi tersebut tentu saja menjadi pertimbangan dalam membangun komunikasi dengan masyarakat. Komunikasi tidak hanya dalam bentuk siaran pers yang cenderung satu arah, tapi juga dapat memanfaatkan media sosial yang justru lebih interaktif karena dapat berkomunikasi langsung dengan netizen.