XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Liburan Nataru

Menara BTS XL Axiata.
Sumber :
  • XL Axiata

VIVA Tekno – Pada periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, XL Axiata memprediksi akan terjadi peningkatan trafik dua hingga tiga kali lipat dibandingkan rata-rata hari biasa dan naik sekitar 25 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

Mereka telah memastikan kesiapan jaringan dalam menghadapi kemungkinan lonjakan trafik di semua layanan. Dengan ini operator seluler telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas dua kali lipat lebih besar dari hari normal.

Director and Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan untuk memastikan pelanggan mendapatkan layanan yang terbaik, XL Axiata telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas dua kali lipat lebih besar dari hari normal.

Min Hee Jin dari ADOR Ngaku Konsultasi dengan Dukun Tentang BTS

"Tim XL Axiata juga sudah mengidentifikasi kota-kota yang rawan dengan lonjakan trafik, termasuk juga destinasi wisata, pusat keramaian, serta area pemukiman," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa, 20 Desember 2022.

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Director and Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa.

Photo :
  • Dok. XL Axiata

Mereka telah menyiapkan rekayasa pengalihan atau pemecahan trafik jika terjadi kepadatan di suatu area. Dengan demikian, lonjakan trafik di suatu lokasi tidak akan menyebabkan penurunan kualitas layanan kepada pelanggan.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa area atau lokasi yang juga akan mengalami kenaikan trafik tinggi diperkiran terjadi di beberapa kawasan yang menjadi jalur pergerakan pemudik.

Pergerakan masif akan terkonsentrasi di jalur mudik via jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera yang akan mengalami peningkatan trafik 10-20 persen. Begitu juga jalur non tol, yaitu Pantura hingga Pansela.

Pergerakan akan di mulai pada malam pergantian tahun di mana peningkatan trafik diperkiran turut terjadi di tempat-tempat wisata hingga pusat keramaian yang merayakan pergantian tahun.

Logo XL Axiata.

Photo :
  • Dok. XL Axiata

XL Axiata juga menyiapkan tidak kurang dari 65-unit mobile BTS (MBTS) di berbagai titik lokasi yang membutuhkan dukungan penguatan kualitas sinyal, terutama di wilayah Jawa Barat, Sumatera, dan Bali, meliputi jalur transportasi utama, lokasi tujuan wisata, pusat keramaian, hingga terminal bus, stasiun kereta, serta bandar udara.

“Kami juga telah menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi accident yang tidak terduga, seperti misalnya banjir, gempa bumi, dan sebagainya yang sifatnya bencana, yang berpotensi menyebabkan putusnya pasokan listrik ke BTS-BTS," imbuhnya.

Tim di lapangan akan siaga 24 jam selama masa libur ini. Ada juga tim yang memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan XL Axiata melalui pusat monitoring kualitas layanan XL Axiata - Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) yang berada di kantor pusat di Jakarta.

Lonjakan trafik akan terdorong oleh semakin intens-nya pelanggan dalam menggunakan berbagai layanan digital dengan kapasitas besar yang biasanya dimanfaatkan untuk mengisi masa libur panjang.

Teknisi XL Axiata mengecek jaringan.

Photo :
  • Dokumen XL Axiata

Diperkirakan pelanggan akan banyak berkirim konten video atau foto, serta akses streaming baik video, musik, serta gim. Media sosial juga diperkirakan menyumbang angka penggunaan di periode Nataru.

Kota-kota yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik adalah kota-kota yang juga menjadi tujuan berlibur, antara lain Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, hingga Surabaya.

Kenaikan trafik diperkirakan terjadi di area-area yang memiliki komunitas Nasrani cukup besar, seperti beberapa kota di Sulawesi Utara, Sumatera Utara, serta Nusa Tenggara Timur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya