Mark Zuckerberg Temukan 'Bug' yang Bikin Meta Rugi

Avatar Pendiri Meta Mark Zuckerberg.
Sumber :
  • Mark Zuckerberg

VIVA Tekno – Mark Zuckerberg temukan bug yang membuat Meta alami kemunduran. Bug yang dimaksud di sini bukan kesalahan pada sebuah perangkat software melainkan sistem perusahaan.

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

Selama panggilan dengan analis Wall Street untuk membahas hasil kuartal keempat Meta, Zuckerberg mengatakan dorongan barunya untuk melakukan efisiensi pada tahun 2023 terinspirasi oleh betapa jauh lebih baik kinerja perusahaan setelah PHK massal pada November serta langkah-langkah lain, seperti penutupan kantor.

Peningkatan itu tidak terduga dan membuatnya sadar bahwa perusahaan telah memasuki era baru, menurut situs Insider, Jumat, 3 Februari 2023.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

"Selama 18 tahun pertama, saya pikir kami menumbuhkannya, Anda tahu, 20 persen, 30 persen atau lebih banyak lagi setiap tahun bukan? Kemudian itu berubah sangat dramatis pada tahun 2022, di mana pendapatan kami negatif untuk pertama kali dalam sejarah perusahaan. Kami tidak mengantisipasi bahwa itu akan berlanjut, tetapi saya juga tidak berpikir itu akan kembali seperti semula," ujarnya.

Meta.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah
Ratusan Karyawan PT PRLI Demo Lagi, Minta MA Lakukan Penggantian Majelis Hakim

Untuk itu, Meta yang sebelumnya dikenal sebagai Facebook berencana memangkas biaya lebih lanjut di tahun ini. Zuckerberg menyinggung 11.000 PHK tahun lalu, dan memperjelas bahwa langkah itu adalah awal dari fokus mereka pada efisiensi dan akan ada langkah tambahan.

Salah satu langkah tambahan adalah penutupan dan konsolidasi lebih banyak kantor. Biaya perusahaan menghabiskan US$2,2 miliar tahun lalu (Rp32,7 triliun). Untuk keluar dari sejumlah sewa besar, Meta memutuskan untuk terus mengizinkan pekerjaan jarak jauh secara penuh waktu. 

Kantor di California, Seattle, dan New York akan ditutup. Ruang kantor yang didedikasikan untuk Instagram di San Francisco akan ditutup tahun ini dan akan digabungkan dengan gedung kantor utama Facebook di San Francisco. 

Karyawan juga harus bersiap akan adanya gelombang PHK, 5 hingga 10 persen. Zuckerberg mengatakan tentang keinginannya untuk meratakan struktur pelaporan dengan menghapus lapisan manajemen menengah. Reality Labs yang sedang membangun metaverse juga dikatakan tidak aman dari PHK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya