Ini Dia Penyebab Mood Swing

Ilustrasi penderita bipolar.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno  – Ada banyak alasan mengapa seseorang bisa mengalami mood swing. Mereka sering melibatkan banyak sistem biologis dan dengan demikian, penelitian seputar itu akan lebih kompleks dan berkelanjutan. 

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

"Mood swing adalah perubahan suasana hati yang signifikan. Sementara kita kebanyakan merasakan dari senang ke sedih, perubahan suasana hati juga dapat mencakup peralihan dari tenang menjadi cemas atau dari perasaan tidak terganggu menjadi mudah tersinggung," kata Elizabeth Wassenaar, Direktur Medis Regional Pathlight Mood & Anxiety Center di Colorado.

Perubahan suasana hati adalah bagian alami dari pengalaman manusia. Namun jika gejalanya ekstrem atau mengganggu kehidupan sehari-hari seseorang, itu mungkin memiliki penyebab yang mendasarinya.

Terkuak, Usia Janin Wanita Hamil di Kelapa Gading yang Tewas Dibunuh

"Siapa pun dapat mengalami perubahan suasana hati sesekali, dan pada waktu-waktu tertentu dalam hidup kita, itu lebih umum," kata Wassenaar yang dikutip dari situs Live Science, Rabu, 15 Februari 2023. Itu termasuk selama perubahan hidup seperti pubertas, kehamilan, menopause, dan selama periode stres tinggi hingga kurang tidur.

Lalu apa yang menyebabkan mood swing? Banyak elemen yang berinteraksi memengaruhi suasana hati, termasuk faktor psikologis dan sosial, gaya hidup, juga perubahan fisiologis yang mendasarinya. Berikut adalah beberapa penyebab umum.

Wanita Hamil Tewas di Ruko Kelapa Gading Dipaksa Aborsi oleh Kekasih Gelapnya

Gangguan kesehatan jiwa

Ilustrasi penderita Bipolar

Photo :
  • U-Report

Kondisi kesehatan mental itu kompleks dengan beberapa gejala berbeda dan mekanisme mendasar yang dapat bervariasi dari orang ke orang. Namun, beberapa gejala terkait dengan perubahan suasana hati. 

"Masalah kesehatan mental memiliki komponen biologis dan neuropsikiatrik yang kompleks, termasuk gangguan pada tingkat neurotransmitter yang stabil, yang dapat menyebabkan ketidakstabilan suasana hati," kata Wassenaar.

Gangguan bipolar dikaitkan dengan perubahan suasana hati. Menurut Institut Kesehatan Mental Nasional, ini biasanya melibatkan episode berbeda dari perasaan sangat 'naik' yang diikuti dengan periode keputusasaan. 

Kurang tidur

Ilustrasi Tidur

Photo :
  • Unsplash

Dalam hal suasana hati, tidur adalah hal mendasar, kata Ali Ross, seorang psikoterapis dan juru bicara UK Council for Psychotherapy (UKCP). Ini karena tidur mengganggu ritme sirkadian, yakni pola tidur-bangun seseorang selama 24 jam. Menurut Institut Nasional Ilmu Kedokteran Umum, ritme ini mendorong terjaga di siang hari dan tidur di malam hari. Gangguan pada ritme ini dapat mempengaruhi suasana hati. 

"Saat lelah, Anda mungkin tidak memiliki sumber daya fisik dan mental untuk mengatur emosi. Kita mungkin lebih mudah tersingkir oleh peristiwa sehari-hari dan terjebak dalam narasi internal," imbuh Ross.

Faktor gaya hidup

Ilustrasi mata menangis

Photo :
  • vstory

Stres dapat menyebabkan perubahan suasana hati, menurut Mayo Clinic. Transisi dan peristiwa besar dalam hidup, seperti pindah atau mengalami kematian orang yang dicintai juga dapat memakan korban. 

Makalah tahun 2011 di jurnal American Psychologist menyarankan bahwa dampak pilihan gaya hidup sehari-hari pada suasana hati sering diabaikan. Diet, olahraga, dan hubungan, misalnya, semuanya memengaruhi kesehatan mental dan suasana hati.

Sindrom pramenstruasi

Perut sakit saat PMS.

Photo :
  • U-Report

Banyak wanita mengalami perubahan suasana hati yang terkait dengan siklus menstruasi. Beberapa mengalami gejala ini menjelang menstruasi yang sering dikenal sebagai sindrom pramenstruasi (PMS), menurut Office on Women Health.

Gejala PMS dapat mencakup perubahan suasana hati, termasuk cepatmarah, suasana hati yang rendah, kecemasan, dan air mata. 

Tidak sepenuhnya dipahami apa yang menyebabkan perubahan suasana hati seperti itu, meskipun perubahan hormon adalah salah satu penjelasan yang mungkin, kata Wassenaar. 

Menopause

Menopause

Photo :
  • Freepik

Mekanisme biologis dapat menyebabkan perubahan mood karena menopause adalah periode lain dari fluktuasi hormonal, dengan penurunan estrogen dan progesteron. 

Menurut penelitian tahun 2019 di jurnal Medicina(terbuka di tab baru), pengurangan estradiol, bentuk utama estrogen dalam tubuh selama tahun-tahun reproduksi, dapat berperan. Estradiol mengatur beberapa neurotransmiter (pembawa pesan kimiawi) yang terkait dengan suasana hati, termasuk serotonin, dopamin, dan norepinefrin.

Tetapi faktor psikologis dan sosial juga dapat berkontribusi pada perubahan mood menopause, kata Wassenaar, karena ini merupakan perubahan besar dalam hidup. Tidur juga sering terganggu selama menopause, yang memperburuk gejala mood. 

Kehamilan

Ilustrasi ibu hamil

Photo :
  • freepik by cookie_studio

Seperti menopause, kehamilan merupakan transisi yang signifikan dalam kehidupan seseorang yang dapat menyebabkan perubahan suasana hati, "Perubahan besar dalam hidup, seperti memiliki bayi, bisa membuat stres dan kewalahan serta menyebabkan perubahan suasana hati," kata Wassenaar.

Mood swing selama kehamilan dapat disebabkan oleh stres fisik, kelelahan atau perubahan hormon estrogen dan progesteron, menurut American Pregnancy Association. Puncak estrogen dan progesteron sekitar 32 minggu dan kadar estrogen akan menjadi yang tertinggi selama trimester ini. 

Perubahan suasana hati sering lebih terlihat pada trimester pertama dan menjelang kelahiran, menurut Mary Kimmel, asisten profesor dan salah satu direktur program psikiatri perinatal di Fakultas Kedokteran Universitas Carolina Utara di Chapel Hill.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya