Usai Jalani Pengobatan Kanker, Pria Amerika Bicara dengan Aksen Irlandia

Ilustrasi kanker prostat.
Sumber :
  • times of india

VIVA Tekno – Seorang pria Amerika tiba-tiba bicara dengan aksen Irlandia setelah pengobatan kanker prostat metastatik. Padahal pria itu berusia 50-an itu belum pernah ke Irlandia.

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Aksennya digambarkan sebagai "tidak terkendali", yang berarti pria itu tidak dapat berhenti berbicara dengan aksen Irlandia, bahkan jika dia mencobanya. Dia terus berbicara seperti ini sampai kematiannya.

Ini adalah pertama kalinya seseorang mengembangkan "sindrom aksen asing" yang terkait dengan diagnosis kanker prostat. Dan ini jadi kasus ketiga sindrom aksen asing yang dikaitkan dengan kanker, lainnya adalah kanker payudara dan kanker otak.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Sindrom aksen asing biasanya terjadi akibat kerusakan otak, seperti stroke. Stroke dapat menyebabkan berbagai jenis gangguan bicara dan bahasa, tetapi sindrom aksen asing adalah salah satu yang tidak biasa.

Penyebab sindrom lainnya adalah perubahan struktur otak, seperti tumor kanker, ensefalitis (pembengkakan otak), multiple sclerosis, dan gangguan neurodegeneratif seperti demensia.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Ilustrasi orang sakit.

Photo :
  • vstory

Kondisi ini pertama kali dijelaskan oleh Pierre Marie, seorang ahli saraf Prancis pada tahun 1907. Marie menggambarkan kasus seorang pria yang awalnya berbicara bahasa Prancis dengan aksen Paris, tetapi setelah terkena stroke, ia mulai berbicara dengan aksen Prancis regional dari daerah Strasbourg. di Perancis.

Hingga saat ini, sekitar 200 kasus sindrom aksen asing telah dilaporkan dalam studi klinis, menjadikannya gangguan bicara yang cukup langka. Mungkin kasus yang paling terkenal adalah ketika George Michael berbicara singkat dengan aksen West Country ketika dia keluar dari koma setelah serangan pneumonia pada tahun 2011. Penyanyi itu berasal dari London Utara.

Kondisi tersebut dapat menyusahkan pasien karena mereka kehilangan karakteristik kepribadian penting yang diekspresikan oleh aksen mereka. Dampak penyakit ini dilaporkan pada tahun 1947 oleh ahli saraf Norwegia Monrad-Krohn.

Dia menggambarkan seorang wanita Norwegia yang menderita cedera kepala serius dalam serangan bom selama perang dunia kedua. Akibat kerusakan ini, penyintas berbicara bahasa Norwegia dengan aksen asing Jerman, dan ini cukup bermasalah di Norwegia pascaperang.

Dia sering ditolak bekerja di toko karena orang mengira dia orang Jerman. Diidentifikasi sebagai orang asing sepanjang waktu dan ditanyai tentang hal itu bisa sangat menyusahkan, menurut situs Metro, Senin, 6 Maret 2023.

Efeknya mungkin sangat serius sehingga beberapa pasien menggunakan metode yang tidak biasa untuk menemukan ketenangan pikiran. Ada juga kasus seorang wanita mengatakan bahwa dia senang tinggal di hotel karena sangat wajar mendengar aksen asing di lingkungan hotel, sehingga tidak diperhatikan.

Ilustrasi penyakit kanker.

Photo :
  • U-Report

"Selain kerusakan sistem saraf pusat, sindrom aksen asing juga bisa disebabkan oleh faktor psikologis seperti stres yang berlebihan. Kami telah mengidentifikasi sindrom aksen asing psikogenik sebagai jenis sindrom aksen asing yang terpisah," ujarnya.

Pada tahun 2005, peneliti dihubungi oleh seorang penutur asli bahasa Belanda yang memiliki aksen Prancis yang kental dan gigih setelah mengalami stres berat akibat hampir ditabrak mobil. 

Investigasi neurologis terperinci tidak mengungkapkan kelainan otak apa pun, tetapi tes psikologis mengidentifikasi masalah psikologis yang penting. Dia baru sepenuhnya kembali ke aksen Belanda aslinya setelah sepuluh tahun.

Versi lain dari kondisi ini adalah "sindrom aksen asing campuran". Pasien-pasien ini mula-mula mengembangkan aksen asing karena kerusakan otak dan kemudian mencoba mengubah penggunaan kata untuk menciptakan kepribadian "asing" yang lebih meyakinkan. 

Hal ini diperhatikan oleh para peneliti di University of Central Florida yang melihat seorang pasien Amerika mengembangkan aksen Inggris setelah stroke dan mulai menggunakan kata-kata bahasa Inggris British.

Pasien menjelaskan bahwa lebih mudah baginya untuk membiarkan orang percaya bahwa dia berasal dari Inggris, daripada mencoba menjelaskan bahwa aksennya adalah akibat dari stroke. Meskipun dia bersikeras bahwa penggunaan "Britisme" tidak berada di bawah kendali sadarnya.

Pemulihan penuh dari perubahan aksen itu sulit dan seringkali membutuhkan terapi wicara intensif untuk waktu yang lama. Tetapi ada kasus pemulihan yang cukup cepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya