3 Ramuan ASI Booster Herbal, Apa Saja

Ilustrasi jahe.
Sumber :
  • Pixabay/ Couleur

VIVA Tekno – Produksi Air Susu Ibu (ASI) yang sedikit atau tidak lancar masih menjadi permasalahan sebagian ibu menyusui. Mengatasi persoalan tersebut, mengkonsumsi produk ASI booster menjadi salah satu solusi.

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Dari sekian produk ASI booster yang banyak beredar di Indonesia, ada merek Fenucaps yang diklaim berbeda dari produk serupa pada umumnya. Memiliki nama lengkap Fenucaps Breasfeeding, diproduksi dari bahan herbal berupa fenugreek, jahe, dan kunyit.

Fenugreek merupakan biji kelabat yang banyak dimanfaatkan untuk kesehatan. Fenugreek telah dikenal secara mendunia sebagai makanan penambah ASI (galactogogue) yang telah teruji secara klinis aman dan efektif.

Full ASI dan Gak Pakai Babysitter, Kiki Amalia Putuskan Kurangi Pekerjaan Demi Anak

Zat kandungan utama dalam fenugreek adalah diosgenin, apigenin, dan luteolin. Kandungan-kandungan tersebut terbukti dapat membantu kelenjar pituitari bagian depan untuk menstimulasi produksi ASI.

Ditambah dengan adanya racikan kombinasi jahe yang membuat pencernaan ibu dan bayi lebih nyaman, dan kunyit yang kerap digunakan sebagai perawatan pascamelahirkan.

Apakah Jahe Bisa Meredakan Batuk dan Radang Tenggorokan? Begini Faktanya

Fenucaps diperkaya dengan kunyit yang bisa meningkatkan produksi ASI. Dan juga jahe yang mengandung fetones untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi pembengkakan, atau radang, sehingga membantu mengurangi risiko pembengkakan payudara (mastitis) pada ibu menyusui.

Kunyit.

Photo :

Hanna, Konsuler Menyusui Fenucaps Indonesia menjelaskan, Fenucaps merupakan ASI booster berbentuk kapsul yang mengandung bahan-bahan alami untuk meningkatkan produksi ASI sekaligus teruji klinis meningkatkan protein, lemak, dan zat besi dalam ASI.

Salah satu kandungan dalam Fenucaps yang baik untuk ibu menyusui adalah fenugreek, bahan herbal yang berasal dari negara Timur Tengah dan Eropa Selatan, yang memang sudah dikenal sejak dahulu sebagai makanan penambah ASI.

“Kombinasi bahan-bahan tersebut telah teruji secara klinis dapat meningkatkan ASI 103 persen dalam waktu 4 minggu, tanpa efek samping,” ungkap Hanna, melalui keterangan resminya, Selasa, 7 Maret 2023.

Fenucaps Breastfeeding sendiri merupakan hasil inovasi dan temuan riset ilmiah dengan judul, “The Effects Of Fenugreek, Ginger and Tumeric on Breastmilk” yang dipublikasikan oleh Academy of Breastfeeding Medicine, New York, AS lewat Jurnal “Breastfeeding Medicine” pada 2018.

“Riset tersebut membuat Fenucaps menjadi brand produk suplemen ASI pertama di Indonesia yang memiliki riset dalam Jurnal "Breastfeeding Medicine” yang telah diakui secara internasional, terbukti meningkatkan ASI tanpa efek samping,” ungkap Hanna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya