Penetrasi Jaringan 4G/LTE Berbuah Manis

MIgrasi layanan dari 3G ke 4G/LTE.
Sumber :
  • Dok. Telkomsel/VIVA.co.id

VIVA Tekno – Jumlah pengguna internet di Indonesia per Januari 2023 ini tercatat mencapai 212,9 juta, menurut laporan terbaru dari We Are Social dan Meltwater bertajuk "Digital 2023".

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

Jumlah tersebut naik dari tahun sebelumnya. Pada 2022, We Are Social menyebut jumlah pengguna internet di Indonesia berkisar 202 juta. Artinya, jumlah pengguna internet di Indonesia naik sekitar 10 juta pengguna atau 5 persen dari tahun sebelumnya.

Dalam data yang sama, total populasi Indonesia disebut mencapai 276,4 juta jiwa per Januari 2023, meningkat 1,8 juta dari total populasi pada tahun lalu.

58 Persen Penduduk Indonesia jadi Pelanggan Telkomsel

Dengan begitu, penetrasi internet di Indonesia saat ini mencapai 77 persen (212,9 juta jiwa). Sementara sisanya, yaitu sekitar 23 persen (63,51 juta jiwa), belum terhubung dengan jaringan internet.

Adapun sebanyak 98,3 persen pengguna Indonesia mengakses internet melalui perangkat telepon seluler (mobile phones). Rata-rata, pengguna internet di Indonesia mengakses internet selama sekitar 7 jam 42 menit per hari.

Biaya Layanan Tokopedia Naik 9 Hari Lagi

Sebagai bentuk komitmen menghadirkan pemerataan akses broadband di Indonesia, Telkomsel sejak Maret 2022 telah melangsungkan peningkatan layanan jaringan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur di 504 kota/kabupaten.

"Memasuki tahun 2023 upaya tersebut dilanjutkan dengan harapan dapat semakin meningkatkan kenyamanan pengalaman gaya hidup digital terbaik bagi pelanggan," kata Direktur Pemasaran Telkomsel Derrick Heng, melalui keterangan resminya, Sabtu, 11 Maret 2023.

Migrasi 4G LTE Telkomsel.

Photo :
  • Dok. Telkomsel

Optimalisasi kapabilitas dan kualitas jaringan broadband yang diupayakan Telkomsel mendapat pengakuan untuk sejumlah penghargaan Ookla Speedtest Awards 2022, antara lain Kategori Fastest Mobile Network, Best Mobile Coverage, dan Best Mobile Network.

Untuk Kategori Fastest Mobile Network, Telkomsel memiliki kecepatan akses broadband tertinggi di Indonesia dengan speed score yang mencapai 27,27 Mbps.

Sedangkan, Kategori Best Mobile Coverage, Telkomsel meraih coverage score sebesar 882 dengan 97,3 persen pelanggan telah terlayani oleh jaringan broadband 4G/LTE. Capaian terbaik pada dua kategori tersebut menempatkan Telkomsel sebagai peraih predikat Best Mobile Network.

"Kami berharap dapat konsisten terus membuka lebih banyak potensi kemajuan bagi pelanggan, sehingga dapat mengakselerasikan transformasi digital sekaligus memperkuat ekosistem digital nasional," jelas Derrick.

Bukan itu saja. Pada consumer-initiated tests yang diambil menggunakan Ookla Speedtest, Telkomsel juga terverifikasi sebagai penyedia jaringan dengan tingkat latensi terbaik (best latency mobile network) dengan nilai 24 ms.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya