Intip Perkembangan Bahtera Nuh untuk Antisipasi Kiamat

Bahtera Nuh untuk tumbuhan.
Sumber :
  • Visual Air

VIVA Tekno – Bank Benih Milenium yang dijuluki 'Bahtera Nuh untuk tumbuhan' telah mengumumkan pelestarian 2,4 miliar benih yang mengejutkan dari total 40.020 spesies tumbuhan liar.

BI Catat Uang Beredar Maret 2024 Rp 8.888 Triliun, Naik 7,2 Persen

Fasilitas penyimpanan benih liar terbesar di dunia ini berbasis di Royal Botanic Gardens, kebun raya liar Kew di Wakehurst, Sussex, Inggris.

Para ilmuwan mengatakan bahwa bank benih ini sangat penting untuk melindungi flora dunia dalam menghadapi perubahan iklim, hilangnya ekosistem bahkan risiko peristiwa apokaliptik.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

“Bertempat di dalam lemari besi, Millennium Seed Bank adalah koleksi tanaman terbesar dan paling beragam di dunia di mana pun di planet ini," kata Pemimpin peneliti senior Millennium Seed Bank dan ahli ekologi Elinor Breman.

Itu menjadikannya alat yang sangat berharga bagi para ilmuwan untuk mengatasi krisis keanekaragaman hayati global, menurut laman Express, Selasa, 14 Maret 2023.

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

Jalan menuju pencapaian 40.000 spesies individu sangat menantang sekaligus bermanfaat dan peneliti yakin bahwa di tahun-tahun mendatang akan terbukti kegunaannya.

"Melestarikan benih di Millennium Seed Bank bukan hanya tentang mengejar jumlah, tetapi juga tentang meningkatkan keragaman genetik koleksi dan membuka potensinya untuk memecahkan beberapa tantangan terbesar yang kita hadapi saat ini," imbuhnya.

Isi dari Bahtera Nuh, tempat penyimpanan benih.

Photo :
  • Wolfgang Stuppy

Menteri Negara Inggris untuk Keamanan Hayati, Kelautan, dan Urusan Pedesaan, Richard Benyon berkata, koleksi tanaman yang beragam dan terkemuka dari Kew ini akan menjadi alat penting dalam mengatasi tantangan yang dihadapi bangsa.

“Koleksi ini bertindak sebagai contoh lebih lanjut dari posisi Inggris Raya sebagai pemimpin global dalam biosekuriti tumbuhan dan menjadi contoh bagi dunia untuk diikuti," katanya.

Bank Benih Milenium yang tahan bom dan banjir berisi 98.567 koleksi benih yang bersumber dari 190 negara dan teritori di seluruh dunia, termasuk 36 hotspot keanekaragaman hayati yang berbeda.

Sesampainya di situs Wakehurst dalam berbagai bentuk benih dikeringkan terlebih dahulu sebelum dibersihkan dan dipindai untuk melihat tanda-tanda hama dan pembentukan yang buruk, yang dapat mempengaruhi perkecambahan prospektifnya.

Terakhir, benih dikeringkan sekali lagi untuk memperpanjang masa penyimpanannya sebelum ditempatkan dalam wadah kaca tertutup dan disimpan pada suhu -4 derajat Fahrenheit (-20 derajat Celcius). Dalam kondisi tersebut benih dapat bertahan selama ratusan tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya