Cium Bau Badan Orang Lain Bisa Atasi Anxiety

Pria Berkeringat
Sumber :
  • vstory

VIVA Tekno – Mencium bau badan orang lain bisa memberikan efek menenangkan yang membantu mengatasi kecemasan sosial, menurut peneliti Swedia, yang dikutip dari situs Metro, Selasa, 28 Maret 2023.

Mengenal Tantrum Manipulatif dan Tantrum Frustasi pada Anak, Para Orang Tua Harus Tahu

Ini mungkin terdengar menjijikan tapi temuan di baliknya mengklaim bahwa bau keringat orang lain mengaktifkan jalur otak yang terkait dengan emosi, menawarkan efek menenangkan.

Para peneliti menyarankan bahwa bau badan kita mungkin mengomunikasikan keadaan emosional seperti kebahagiaan atau kecemasan, bahkan membangkitkan respons serupa pada orang lain yang menciumnya.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Sebagai bagian dari penelitian, para relawan diminta untuk menyumbangkan keringat ketiak saat mereka menonton film horor atau film bahagia.

Sebanyak 48 wanita dengan kecemasan sosial setuju untuk mengendus beberapa sampel ini, di samping menerima terapi mindfulness konvensional, di mana pasien didorong untuk lebih sadar akan pikiran, perasaan, emosi, dan lingkungan mereka untuk mengurangi respons otomatis.

Mengenali Tanda-Tanda Tantrum Tidak Normal pada Anak, Orang Tua Harus Merespons dengan Cermat

Ilustrasi berkeringat.

Photo :
  • Pixabay

Beberapa wanita diberi bau badan asli untuk diendus, sementara yang lain diberi udara bersih. Mereka yang terkena keringat tampaknya melakukan terapi dengan lebih baik.

"Keringat yang dikeluarkan saat seseorang bahagia memiliki efek yang sama dengan seseorang yang takut dengan klip film. Jadi mungkin ada sesuatu tentang sinyal kemo manusia dalam keringat secara umum yang memengaruhi respons terhadap pengobatan," kata ketua peneliti Elisa Vigna, dari Institut Karolinska di Stockholm.

Vigna menambahkan mungkin ini ada hubungannya dengan kehadiran orang lain, tapi mereka masih perlu memastikannya. Temuan awal penelitian ini dipresentasikan pada konferensi medis di Paris pada minggu ini.

Ada lebih banyak penelitian yang diperlukan untuk subjek ini sehingga terapis mungkin tidak akan meresepkan keringat dalam waktu dekat.

Bau adalah indera yang penting karena dapat mengingatkan kita akan bahaya seperti kebocoran gas, api, atau makanan busuk. Ini juga terkait erat dengan ingatan. Itulah mengapa beberapa bau dapat membangkitkan ingatan tertentu.

Selain itu, penciuman juga berperan dalam tingkat ketertarikan antara dua orang. Penelitian telah menunjukkan bahwa bau badan kita, yang dihasilkan oleh gen yang membentuk sistem kekebalan dapat membantu secara tidak sadar dalam memilih pasangan kita.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya