Kilang Anggur Mewah Kuno Ditemukan, Luasnya 24 Hektare

Sumber :
  • The Guardian

VIVA Tekno – Dari semua reruntuhan Romawi, di bawah pandangan jauh dari Perbukitan Alban, Villa Quintilii, ini mungkin penemuan reruntuhan kuno paling mewah yang pernah ditemukan, dengan luas hingga 24 hektare.

Menakjubkan, Ini 7 Keajaiban Dunia Baru yang Harus Kamu Tahu

Terletak di Appian Way kuno yang membentang ke tenggara Roma, Italia, reruntuhan vila kuno ini memiliki teaternya sendiri, arena balap kereta, dan kompleks pemandian dengan dinding dan lantai berlapis marmer mewah.

Tetapi kisah vila, yang asal-usulnya terletak pada abad ke-2 Sebelum Masehi (SM) menjadi semakin luar biasa, dengan ditemukannya kilang anggur yang rumit yang tak tertandingi di dunia Romawi karena kemewahannya.

5 Fakta Gurun Negev, Tempat yang Diusulkan Jadi Penampungan Warga Palestina Jika Diusir dari Gaza

Arkeolog Temukan Kilang Anggur Mewah Kuno Sebesar 24 Hektar di Roma

Photo :
  • The Guardian

Fasilitas itu termasuk serangkaian ruang makan mewah dengan pemandangan air mancur yang memancar dengan anggur muda. Ada juga area tapak berlapis marmer di mana para pekerja yang diperbudak akan menginjak buah yang baru dipanen, sementara kaisar mungkin melihat saat dia berpesta dengan pengiringnya.

Geger Makam Orang Kaya Ada di Penampungan Air, Kok Bisa

Kilang anggur, tepat di luar batas kota Roma pada zaman kuno, didirikan di tempat yang dulunya merupakan lanskap kebun buah dan lahan pertanian, dihiasi dengan makam monumental, dan vila orang yang super kaya.

“(The Villa of the Quintilii) adalah kota kuno mini yang luar biasa yang dilengkapi dengan kilang anggur mewah bagi kaisar sendiri untuk memanjakan kecenderungan Bacchic-nya,” kata arkeolog Dr Emlyn Dodd, asisten direktur di British School di Roma dan pakar produksi anggur kuno. Dia telah menerbitkan temuan para arkeolog dalam sebuah artikel untuk jurnal ilmiah Antiquity, melansir The Guardian. 

Penemuan kilang anggur Romawi kuno terjadi secara kebetulan, ketika para arkeolog dari kementerian kebudayaan Italia mencoba menemukan salah satu pos awal untuk arena vila. Lintasan balap kereta dibangun oleh kaisar Commodus, yang memerintah dari tahun 177-192 M. Pabrik anggur selanjutnya, ternyata, dibangun di atas salah satu gerbang awal ini.

Pemiliknya adalah Commodus yang terkenal kejam yang membuat pemilik asli vila tersebut, Quintilii bersaudara yang kaya, terbunuh pada tahun 182-3 M. Setelah itu penguasa kekaisaran mengambil kepemilikan pribadi atas kompleks tersebut, memperluas dan memodifikasinya selama berabad-abad.

Fakta bahwa nama Gordian dicap ke dalam tong penampung anggur yang besar berarti bahwa kaisar kemungkinan besar membangun kilang anggur atau merenovasinya. Itu dipastikan adalah Gordian III, memberikan tanggal 238-244 M, yang saat itu berkuasa. 

Di vila yang terbuka untuk umum, Dodd menunjuk ke daerah persegi panjang yang baru saja digali.

“Biasanya area tapak ini dilapisi beton kedap air,” katanya. “Tapi ini dilapisi marmer merah. Itu tidak ideal, karena marmer menjadi sangat licin saat basah. Tapi itu menunjukkan bahwa siapa pun yang membangun ini memprioritaskan sifat kilang anggur yang mewah daripada pertimbangan praktis," 

Arkeolog Temukan Kilang Anggur Mewah Kuno Sebesar 24 Hektar di Roma

Photo :
  • The Guardian

Setelah diinjak-injak, buah anggur yang telah dihaluskan kemudian dibawa ke dua alat pengepres mekanis berdiameter 2 meter yang berdiri di dekatnya. Buah anggur yang dihasilkan kemudian dikirim ke tiga air mancur, yang menyembur keluar dari ceruk setengah lingkaran yang dipasang di dinding halaman. Sebenarnya ada lima air mancur, dengan dua semburan luar menghasilkan air.

Anggur harus, setelah mengalir keluar dari air mancur, kemudian mengalir di sepanjang saluran terbuka ke dolia keramik besar, atau toples penyimpanan, diletakkan di tanah - teknik pembuatan anggur standar di Roma kuno, karena mereka menciptakan lingkungan mikro yang stabil di mana fermentasi akan terjadi.

Ruang makan tertutup dengan pintu masuk terbuka lebar dipasang di sekitar tiga sisi area halaman terbuka ini. Hipotesis Dodd adalah bahwa di sini lah kaisar akan berpesta dan menikmati pertunjukan teatrikal penuh dari produksi anggur.

Seluruh fasilitas tampaknya telah dirancang dengan mempertimbangkan masalah praktis produksi anggur dan teater belaka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya