Korona Matahari Tertangkap Meletus Saat Gerhana Matahari Hibrida Kemarin

Coronal mass ejection (CME) yang tertangkap saat Gerhana Matahari Hibrida.
Sumber :
  • Josef Kujal

VIVA Tekno – Sekelompok astrofotografer menangkap gambar menakjubkan dari fenomena Gerhana Matahari Hibrida yang baru-baru ini terjadi, terlihat di langit Australia pada minggu lalu. 

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Gambar tersebut tidak hanya memamerkan filamen hantu dari korona Matahari atau atmosfer luar, tetapi juga menangkap sekilas letusan plasma magnet yang dikenal sebagai coronal mass ejection (CME), yang meledak menjauh dari Matahari.

Gerhana langka yang terjadi pada 20 April dikenal sebagai Gerhana Matahari Hibrida karena terdiri dari dua gerhana terpisah yang terjadi pada waktu bersamaan. 

Kapan Bumi Kiamat?

Ini termasuk Gerhana Matahari Total —okultasi matahari yang singkat namun lengkap dan Gerhana Matahari Annular, merupakan gerhana yang lebih lama namun tidak lengkap di mana halo plasma tetap terlihat di sekitar bulan. 

Meskipun gerhana terjadi pada waktu yang sama, sebagian besar pengamat hanya dapat melihat satu atau yang lain, bergantung pada lokasinya. Gerhana total hanya dapat dilihat oleh orang-orang yang posisinya tepat sejajar dengan Bulan dan Matahari. 

Matahari Putra Prima Ditinggal Resign 3 Bosnya, Ada Apa?

Kebanyakan orang akan melihat Gerhana Annular sebagai gantinya. Itu adalah Gerhana Matahari Hibrida pertama dalam lebih dari satu dekade, mengutip dari situs Live Science, Minggu 30 April 2023.

Lubang korona di ekuator Matahari.

Photo :
  • Instagram/@lapan_ri

Foto baru ini merupakan gabungan dari ratusan gambar yang diambil oleh astrofotografer Ceko, Petr Horalek, Josef Kujal dan Milan Hlavac dari sudut pandang mereka di Pebble Beach di New South Wales, menurut Spaceweather.com.

Gambar gabungan menunjukkan puncak Gerhana Matahari Total, yang dikenal sebagai totalitas, berlangsung sekitar satu menit dan merupakan satu-satunya saat korona Matahari terlihat sepenuhnya. Namun, detail yang ditangkap dalam gambar baru 'lebih dari yang bisa dilihat mata manusia', menurut Horalek.

Para astrofotografer berharap melihat sekilas korona pada hari itu, tetapi mereka juga tidak menyangka akan melihat CME yang meletus jauh dari Matahari. Dalam gambar, CME hampir tidak terlihat. 

Tetapi ketika dilapiskan pada koronagraf yang diambil oleh Observatorium Surya dan Heliosfer NASA pada saat yang sama, ledakan bintang menjadi jelas terlihat.

Korona Matahari sangat kuat dalam gambar baru, yang mencerminkan peningkatan aktivitas saat sang surya itu mendekati puncak siklus 11 tahun, yang dikenal sebagai maksimum Matahari, dijadwalkan tiba dalam beberapa tahun mendatang. CME yang tak terduga adalah bukti lebih lanjut bahwa aktivitasnya meningkat.

Gambar tersebut juga menunjukkan fenomena "
cincin berlian yang ikonik, di mana Matahari mulai berputar dari belakang bulan saat totalitas berakhir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya