30 Menit Telepon per Minggu, Tingkatkan Risiko Tekanan Darah Tinggi

Ilustrasi Telepon Menelepon
Sumber :

VIVA Tekno – Menikmati obrolan melalui telepon harus dijaga seminimal mungkin untuk menjaga tekanan darah tetap rendah dan jantung kita sehat, kata para ahli memperingatkan.

Awas! Bukan Cuma Perih, Minum Obat Ini Bisa Sebabkan Maag hingga Pendarahan di Lambung

Itu karena penelitian baru menunjukkan berbicara di ponsel hanya setengah jam per minggu dikaitkan dengan risiko tekanan darah tinggi yang lebih besar.

Penelepon biasa yang menghabiskan satu jam di telepon per hari, tampaknya memiliki risiko tertinggi untuk mengembangkan kondisi tersebut, menurut situs Daily Mail, Minggu, 7 Mei 2023.

Khawatir Kena Sadap, Hakim MK Ingatkan Peserta Sidang Tak Aktifkan Ponsel Selama Persidangan

Sebuah tim dari Southern Medical University di Guangzhou, China, ingin menyelidiki apakah ada hubungan antara membuat dan menerima panggilan telepon dengan diagnosis tekanan darah tinggi atau juga dikenal sebagai hipertensi.

Mereka menganalisis data lebih dari 200.000 orang dewasa Inggris dan mengumpulkan informasi tentang penggunaan ponsel mereka melalui kuesioner.

Sebabkan Kematian Mendadak, Waspadai Tanda Aneurisma Aorta

Ini termasuk pertanyaan tentang berapa tahun mereka telah menggunakan ponsel, berapa jam per minggu yang mereka habiskan untuk menggunakannya dan apakah mereka menggunakan perangkat speakerphone atau hands-free.

Ilustrasi mengangkat telepon sebelah kanan telinga.

Photo :
  • U-Report

Selama 12 tahun tindak lanjut, peneliti menemukan peserta yang berbicara di ponsel mereka selama 30 menit atau lebih per minggu, memiliki kemungkinan 12 persen lebih besar terkena tekanan darah tinggi daripada mereka yang menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menelepon.

Ini setara dengan menelepon selama empat menit dan 17 detik per hari. Melihat temuan secara lebih rinci, mereka menemukan orang yang menghabiskan lebih dari enam jam di telepon setiap minggu memiliki 25 persen peningkatan risiko tekanan darah tinggi dibandingkan dengan mereka yang menghabiskan kurang dari lima menit untuk melakukan atau menerima panggilan telepon.

"Jumlah menit yang dihabiskan orang untuk berbicara di ponsel sangat penting bagi kesehatan jantung, dengan menit yang lebih banyak, berarti membuat risikonya lebih besar," katanya.

Temuan menunjukkan bahwa berbicara di ponsel mungkin tidak mempengaruhi risiko terkena tekanan darah tinggi jika waktu panggilan mingguan di bawah setengah jam.

"Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mereplikasi hasil. Tetapi sampai studi lanjutan tampaknya akan lebih bijaksana jika kita menjaga panggilan telepon seluler seminimal mungkin untuk menjaga kesehatan jantung," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya