Ada Kejutan dari China di Pagi Hari Ini

Stasiun Luar Angkasa Tiangong di orbit Bumi.
Sumber :
  • ww.gbtimes.com

VIVA Tekno – Peluncuran misi antariksa berawak Shenzhou-16 bersama tiga taikonaut – sebutan untuk astronot China – di dalamnya ke Stasiun Luar Angkasa Tiangong akan berlangsung pada Selasa hari ini, 30 Mei 2023, menurut Wakil Direktur Badan Antariksa Berawak China (CMSA) Lin Xiqiang.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

“Shenzhou-16 akan meluncur pada 30 Mei pukul 09:41 (08:31 WIB)," kata dua, seperti dikutip dari laman Sputnik Globe. Ini akan menjadi misi keempat bagi taikonaut Jing Haipeng setelah Shenzhou-7, Shenzhou-9, dan Shenzhou-11.

Ia akan menjadi komandan dari misi tersebut. Sementara Zhu Yangzhu dan Gui Haichao juga merupakan bagian dari kru yang melakukan debut luar angkasa mereka.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Gui juga akan menjadi taikonaut sipil pertama. Sebelum misi ini hanya anggota Angkatan Bersenjata Pembebasan Rakyat China (Chinese PLA) yang bisa ikut serta dalam penerbangan luar angkasa.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Astronot Sipil China

Photo :
  • Al Jazeera

"Gui Haichao adalah spesialis beban muatan. Dia merupakan seorang profesor di Universitas Beihang. Dia akan bertanggung jawab untuk mengoperasikan muatan untuk percobaan ilmiah di orbit," kata Lin.

Dua taikonaut lainnya melakukan kontrol langsung terhadap pesawat ruang angkasa dan eksperimen di orbit Bumi. Shenzhou-16 direncanakan untuk berlabuh dengan modul inti Tiangong.

Taikonaut akan menggantikan anggota awak dari misi enam bulan Shenzhou-15 sebelumnya, yang akan menjadi rotasi awak kedua dalam sejarah stasiun tersebut. Awak Shenzhou-16 dijadwalkan untuk tinggal di orbit selama sekitar lima bulan.

Stasiun luar angkasa Tiangong adalah stasiun orbit jangka panjang pertama China. Ini beroperasi di orbit Bumi rendah antara 210 hingga 280 mil di atas permukaan Bumi. Modul pertamanya, Tianhe, diluncurkan pada 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya