Anak Butuh 'Laboratorium Bermain'

Ilustrasi anak bermain.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Tekno – Anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus dilindungi dan dipenuhi hak-haknya. Salah satu hak anak adalah bisa bermain dan mengembangkan diri dengan aman, nyaman, dan terlindungi dari berbagai kekerasan, diskriminasi serta ancaman lainnya.

7 Tips Menghadapi Ujian Nasional: Persiapan yang Efektif untuk Sukses

Untuk memenuhinya maka harus tersedia ruang ramah anak. Hal ini dilakukan oleh PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk agar anak-anak tidak kehilangan kesempatan bermain.

Perusahaan pembiayaan yang dikenal dengan WOM Finance ini meresmikan ruang ramah anak di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Menurut Direktur Wahana Ottomitra Multiartha, Cincin Lisa Hadi, kehadiran ruang ramah anak adalah upaya pemenuhan hak anak sehingga sangat penting dijaga.

"Ini adalah tempat bermain sekaligus belajar yang ramah bagi anak. Kami menyebutnya 'laboratorium bermain'," kata dia, Jumat, 2 Juni 2023.

Awas Rugi Bandar Tidak Memanfaatkan Ruang Digital

Tersedianya ruang ramah anak, lanjut Cincin, menjadi hal yang sangat penting mengingat kegiatan bermain bermanfaat dalam tumbuh kembang anak, yaitu meningkatkan kecerdasan intelektual dan pengetahuan, toleransi dan hubungan sosial, komunikasi dan bahasa, serta kemampuan motorik, sensorik dan juga keterampilan anak.

Laboratorium bermain ini terletak di dalam ruang tunggu pelayanan donor darah PMI. Ruang ramah anak tersebut berukuran 4 x 3 meter dengan dilengkapi rak buku bacaan anak serta beberapa permainan anak. "Di sini juga diberikan karpet bergambar huruf agar anak dapat bermain sambil belajar dengan nyaman," jelas Cincin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya