Masturbasi Dapat Lindungi Diri dari Infeksi Seks Menular

Kera yang tengah masturbasi dengan batu.
Sumber :
  • YouTube

VIVA Tekno – Masturbasi disebut menjadi kegiatan yang nyaman. Bahkan dikatakan bahwa ini dapat membantu melindungi dari infeksi menular seksual dengan membuang saluran kelamin, setidaknya pada primata jantan, penelitian baru menunjukkan.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

"Kami menemukan bahwa masturbasi adalah sifat kuno dalam ordo primata," kata antropolog University College London Matilda Brindle dan rekannya menjelaskan dalam penelitian mereka, di mana mereka mengumpulkan database terbesar yang pernah tercatat dari catatan contoh masturbasi di 105 spesies primata.

Telah diketahui bahwa masturbasi tersebar luas pada mamalia dan hewan lain seperti burung. Sementara beberapa primata terkenal karena kebiasaan menyentuh diri -bonobo menggunakan masturbasi bersama sebagai bagian dari repertoar sosial mereka, dan kera telah tertangkap basah dengan mainan seks- sementara spesies lain tampaknya kurang tertarik.

Terpopuler: Hal yang Dilakukan Suami Jika Istri Hyperseks sampai Bahaya Pijat Perbesar Penis

Contoh masturbasi dapat ditemukan di seluruh pohon evolusi primata, di mana mereka membelai zona sensitif seksual seseorang karena hobi kuno yang diwariskan ke semua kelompok primata oleh nenek moyang awal yang sama.

Tapi begitu tarsius seukuran bola tenis mengambil jalan evolusi yang berbeda dari kera dan monyet, masturbasi menjadi lebih umum pada beberapa spesies daripada yang lain, kata Brindle dan tim. 

Dokter Boyke Ungkap Fetish Seks dengan Mayat hingga Penyebabnya

Ini menunjukkan bahwa masturbasi entah bagaimana dapat meningkatkan peluang pembuahan dalam skenario seksual yang kompetitif. Sementara jawaban ilmiahnya masih belum jelas, satu teori mengemukakan bahwa hal itu dapat meningkatkan kualitas ejakulasi dengan mengeluarkan sperma 'basi' terlebih dahulu.

Simpanse

Photo :
  • 97280

Tetapi tim juga menemukan bukti kuat untuk koevolusi antara masturbasi dan kejadian patogen pada laki-laki, menunjuk ke teori sekunder mengapa masturbasi biasa terjadi -untuk membuang mikroorganisme yang menyebabkan penyakit keluar dari saluran kelamin. 

Masturbasi juga lebih sering terjadi pada jantan dari spesies primata yang lebih besar, yang tidak dapat menjangkau ke bawah untuk merawat alat kelamin mereka secara oral.

Mereka mengusulkan bahwa memeriksa waktu masturbasi dapat mengungkapkan tren mana yang mendorong pemilihan masturbasi dalam setiap spesies, manurut laman Science Alert, Sabtu, 10 Juni 2023.

Jika masturbasi paling sering terjadi sebelum berhubungan seks, hal itu akan meningkatkan kesuburan pria. Sedangkan setelah berhubungan seks mungkin mengindikasikan bahwa itu adalah pencegahan infeksi menular seksual (IMS).

"Penting untuk dicatat bahwa laporan masturbasi pada primata betina jauh lebih sedikit dalam kumpulan data kami. Ini sebagian karena gairah dan masturbasi wanita bisa kurang mencolok dibandingkan pria, tetapi juga mencerminkan kurangnya informasi yang lebih luas tentang perilaku seksual dan morfologi wanita dalam ilmu biologi," kata Brindle. 

Meskipun pada akhirnya tidak ada keuntungan seperti itu bagi manusia yang tidak memiliki penis, masturbasi memiliki banyak manfaat kesehatan. Kegiatan ini dapat membantu tidur, menghilangkan rasa sakit dan memberikan manfaat kesehatan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya