King Kobra Vs Piton, Siapa yang Bakal Menang?

Ular kobra minum susu.
Sumber :
  • U-Report

JakartaUlar King Kobra Lawan Ular Piton yang merupakan hewan liar dan predator ini biasanya menjadi puncak dalam rantai makanan.

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya

Meski sama-sama mengerikan, namun hewan yang mudah ditemui di daratan Asia ini memiliki beberapa perbedaan yang mencolok. Perbedaan inilah yang mempengaruhi kekuatan keduanya.

Ular king kobra saat makan piton.

Photo :
  • U-Report
Terungkap, Lebih dari 400 Ekor Ular Dikerahkan di Prosesi Syuting Film Badarawuhi

Lantas, jika king kobra lawan ular Piton, siapa pemenangnya? Sebelum membahas hal tersebut, ada baiknya Anda memahami perbedaan antara ular piton dan king kobra terlebih dahulu.

Dilansir dari National Geographic, Senin, 12 Juni 2023, ular piton dan ular kobra merupakan dua spesies yang memiliki perbedaan cukup mencolok.

Ngeri, Terkuak Kerajaan Ular Salah Satu Suku yang Mengandung Banyak Misteri

Ular piton sendiri merupakan jenis ular yang tidak berbisa namun tetap mematikan karena dapat menggunakan ototnya sebagai senjata dalam membunuh lawan. Spesies yang bisa bertambah panjang hingga lebih dari 20 kaki ini biasanya menargetkan mangsa mamalia, bukan jenis ular lain.

Di sisi lain, king kobra merupakan ular berbisa terpanjang di dunia yang bisa mencapai 18 kaki. Spesies ular yang satu ini biasanya memangsa ular lain dan menggunakan bisanya yang sangat beracun untuk membunuh.

King kobra biasanya akan menargetkan gigitan pada pangkal kepala mangsanya agar bisa dengan tepat mematikan sistem saraf, sehingga mangsanya akan mudah lumpuh.

Habitat ular piton dan king kobra pun berbeda. Dilansir dari A-Z Animals, ular piton lebih menyukai hutan lebat yang lembab sebagai habitatnya. Sedangkan king kobra lebih menyukai daerah berpenduduk dan juga hutan.

Ilustrasi ular masuk ke dalam tempat rental PS.

Photo :
  • pixabay

Di alam liar, baik piton maupun kobra biasanya lebih suka menghindari pertarungan. Namun, dalam kondisi terdesak tak jarang keduanya akan saling bertarung. Lantas, jika bertarung siapa yang akan menang?

National Geographic pernah membahas hal ini dan para ahli sepakat pertarungan tersebut akan berakhir imbang. Pasalnya, kedua ular ini memiliki senjata yang sama-sama mematikan. Piton bisa mati karena terkena bisa king kobra, sedangkan kobra akan mati karena terlilit piton.

“Jika ada peristiwa pemangsa di sini, itu adalah king cobra hingga python. Dan itu tidak berhasil untuk keduanya.” kata Frank Burbrink dari American Museum of Natural History.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya