Gajah di Kebun Binatang Ini Diikutkan Kelas Yoga agar Tubuhnya Tetap Lentur

Gajah di Kebun Binatang Houston, AS diikutkan kelas yoga.
Sumber :
  • TikTok @chroncom

Amerika – Gajah di Kebun Binatang Houston, Amerika Serikat (AS) diikutkan kelas yoga untuk menjaga kelenturan tubuhnya. Setiap hari, para gajah yang ada di kebun binatang tersebut melakukan sesi "yoga gajah" sebagai bagian dari pemeriksaan kesehatan rutin. 

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Salah satu gajah yang bernama Tess bahkan mampu menopang tubuh besarnya dengan kaki depannya dan melakukan sejumlah peregangan lainnya dengan penjaga kebun binatang.

Setiap sesi “yoga gajah” berlangsung sekitar 30 detik dan lima menit. Beberapa gajah yang lebih tua melakukan dua sesi sehari untuk menjaga persendiannya tetap longgar.

Rencana AS untuk Melarang TikTok Memicu Perpecahan Nasional

"Kami akan melihat kulit mereka dengan baik, kami akan memeriksa kaki mereka, kami akan memeriksa mulut mereka," kata Windle Kristen, manajer gajah Kebun Binatang Houston yang dikutip dari New York Post pada Senin, 12 Juni 2023. 

Gajah di Kebun Binatang Houston diikutkan kelas yoga

Photo :
  • TikTok @chroncom
Legenda Sepakbola Brasil Romario Umumkan Comeback di Usia 58 Tahun

"Tapi kami juga melihat jangkauan gerak mereka dan bagaimana mereka bergerak sehingga kami bisa tahu persis apa yang mereka rasakan dengan rangkaian latihan ini."

Gajah-gajah tersebut mulai dilatih setelah mereka lahir. Pelatih pertama-tama memastikan bahwa setiap gajah mengetahui nama mereka dan secara bertahap membuat mereka nyaman. 

Sesi yoga untuk gajah tersebut bersifat sukarela dan nantinya setiap gajah akan diberi hadiah jika berpartisipasi. Misalnya seperti diberikan buah atau roti. 

"Jika mereka tidak ingin terlibat atau jika mereka tidak ingin berlatih, mereka bisa pergi begitu saja," katanya. 

“Tidak ada yang bisa kami lakukan untuk menghentikannya, tetapi mereka tahu bahwa mereka tidak mendapatkan roti atau hadiahnya.”

Sebagai bagian dari latihan, gajah akan mengangkat kaki depan dan belakang, menyeimbangkan dengan dua kaki dan berbaring di tanah. Sebagian besar latihan meniru gerakan yang akan mereka lakukan di alam liar.

Setiap gajah di Kebun Binatang Houston memiliki rutinitas mereka masing-masing. Teddy, seekor gajah berusia 2 tahun, saat ini sedang belajar mengidentifikasi berbagai bagian tubuhnya. Setelah gajah menyelesaikan pelatihan awal ini, mereka akan mengikuti perintah lisan dari penjaga.

Sementara, Methai berusia 54 tahun yang dikenal sebagai gajah tertua di kebun binatan menderita radang sendi dan bergerak jauh lebih lambat daripada gajah lainnya. Latihan ini juga memberikan stimulasi mental bagi hewan berkulit tebal itu. 

"Kami ingin mereka terus belajar hal-hal baru," kata Windle.

 “Kami tidak ingin stagnan. Mereka sangat cerdas dan ingin terus bekerja dan belajar.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya