2025, AS Siap Injakkan Kaki di Bulan

Ilustrasi astronot yang sedang bercocok tanam di Bulan.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno – Jika perencanaan NASA tetap berada di jalur politik, teknis dan finansial, Amerika Serikat (AS) akan membuat jejak baru di Bulan menjelang akhir 2025.

Ilmuwan NASA Masuk Islam Usai Dipecat Setelah Melihat Mukjizat Malam Lailatul Qadar

Pendaratan itu, dalam misi yang disebut Artemis 3, akan menjadi kelebihan manusia pertama dalam sebulan sejak moonwalker Apollo 17 mengaduk debu abu-abu pada Desember 1972.

Artemis 3 dimaksudkan untuk menjadi yang pertama dari sejumlah misi manusia ke Zona Eksplorasi Kutub Artemis —wilayah kutub 84 derajat lintang selatan.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Memilih perlindungan wilayah yang aman dan menghargai sains untuk Artemis 3 adalah tugas yang menantang. Tapi kemungkinan besar akan ada penemuan besar dan satu kejutan potensial yang bisa mendeteksi kehidupan di Bulan.

Penelitian baru menunjukkan bahwa pengunjung masa depan ke wilayah kutub selatan Bulan harus mencari bukti kehidupan di kawah berbayang permanen yang sangat dingin -organisme yang dapat melakukan perjalanan dari Bumi.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Bumi dilihat dari Bulan.

Photo :
  • New Scientist

Kehidupan mikroba berpotensi bertahan dalam kondisi yang keras di dekat Kutub Selatan Bulan, kata Prabal Saxena, seorang peneliti planet di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland.

"Mengingat penelitian baru-baru ini tentang kisaran di mana kehidupan mikroba tertentu dapat bertahan hidup, mungkin ada ceruk yang berpotensi layak huni untuk kehidupan semacam itu di daerah yang relatif terlindungi," kata Saxena. 

Kutub Selatan Bulan berpotensi memiliki sifat yang memungkinkan pelestarian hidup, bahkan mungkin pertumbuhan episodik kehidupan mikroba tertentu, mengutip dari laman Live Science, Rabu, 14 Juni 2023.

"Saat ini kami sedang bekerja untuk memahami organisme spesifik mana yang paling cocok untuk bertahan hidup di wilayah tersebut dan area mana di wilayah kutub Bulan, termasuk tempat-tempat menarik yang relevan untuk eksplorasi, yang mungkin paling cocok untuk mendukung kehidupan," katanya.

Dalam karya yang dipresentasikan pada pengujian sains baru-baru ini tentang potensi lokasi yang membahayakan Artemis 3, Saxena dan anggota penelitian melaporkan bahwa Kutub Selatan Bulan mungkin mengandung permukaan substansial yang berpotensi menampung sejumlah mikroorganisme.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya