Kapal Selam Titan Alami Ledakan Dahsyat, Semua Penumpang Dipastikan Tewas

Kapal Selam Titan.
Sumber :
  • OceanGate

VIVA Tekno – Pencarian kapal selam Titan telah berakhir. Kendaraan sepanjang 22 kaki (6,7 meter) yang hilang sejak 18 Juni lalu dengan lima orang di dalamnya untuk menjelajahi bangkai kapal Titanic resmi dinyatakan tenggelam.

Perlindungan Konsumen Punya Dampak Positif ke Kinerja Keuangan Bank, Begini Penjelasannya

Tim penyelamat dan pemulihan telah bekerja dengan tergesa-gesa selama lima hari terakhir untuk menemukan tanda-tanda kapal selam. Mereka akhirnya menemukan Titan pada 22 Juni kemarin.

“Sebuah ROV, atau kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh, dari Kapal Horizon Arktik menemukan kerucut ekor kapal selam Titan kira-kira 1.600 kaki (490 meter) dari haluan Titanic di dasar laut," kata Kepala Staf Penjaga Pantai AS (US Coast Guard) Laksamana Muda John Mauger, seperti dikutip VIVA Digital dari situs Space, Jumat, 23 Juni 2023.

KPU Penuhi Hanya Dua dari Enam Permohonan ICW terkait Transparansi Sirekap

Menurutnya, puing-puing itu konsisten dengan hilangnya ruang tekanan secara dahsyat. "Atas nama Penjaga Pantai Amerika Serikat dan seluruh komando terpadu, saya menyampaikan belasungkawa terdalam kepada keluarga. Saya hanya bisa membayangkan seperti apa ini bagi mereka, dan saya berharap penemuan ini memberikan penghiburan selama masa sulit ini," lanjutnya.

Pasukan Penjaga Pantai AS telah mengkonfirmasi bahwa puing-puing yang ditemukan di dekat bangkai kapal Titanic adalah bagian dari kapal selam Titan yang hilang. Kapal selam itu mengalami 'ledakan dahsyat', menewaskan lima orang di dalamnya.

KSAL Muhammad Ali Kunjungi Industri Pertahanan Strategis China, Ada Apa?

Lima orang yang tewas di Titan adalah Stockton Rush, Pendiri dan CEO OceanGate, perusahaan yang mengoperasikan kapal selam, penjelajah dan mantan penyelam Angkatan Laut Prancis Paul-Henry Nargeolet, pengusaha dan penjelajah Hamish Harding, Shahzada Dawood, wakil ketua konglomerat yang berbasis di Pakistan, Dawood Hercules Corporation dan putranya yang berusia 19 tahun, Suleman.

Pada Selasa sore, Penjaga Pantai AS memperkirakan bahwa pasokan oksigen darurat kapal dapat bertahan selama 40 jam. Kru yang hilang terdiri dari Hamish Harding, seorang miliarder dan petualang Inggris, Shahzada Dawood, seorang pengusaha Pakistan dan putranya, Suleman, Stockton Rush, Founder and CEO OceanGate Expeditions dan Paul-Henri Nargeolet, pilot kapal selam Prancis.

Kapal selam Titan.

Photo :
  • OceanGate

Titan adalah kapal selam penelitian dan survei yang berpenumpang lima orang, dimiliki dan dioperasikan oleh OceanGate -sebuah perusahaan swasta yang menyediakan kapal selam untuk keperluan komersial, penelitian dan militer, menurut situs webnya.

Ini dirancang untuk membawa hingga lima orang, biasanya terdiri dari seorang pilot dan empat awak. Dibangun untuk menyelam hingga kedalaman 13.123 kaki (4.000 meter) dan melaju dengan kecepatan 3 knot (3,5 mph, atau 5,6 km/jam), kapal ini memiliki panjang 22 kaki (6,7 m) dan berat 23.000 pound (10.400 kilogram).

Sebagian besar operator kelautan utama mengikuti standar yang ditetapkan oleh badan klasifikasi kapal, meskipun tidak ada persyaratan hukum untuk meminta klasifikasi.

Titan adalah kapal yang dibuat khusus yang desainnya tidak diklasifikasikan. Terbuat dari titanium dan serat karbon filamen, submersible dibaut dari luar. Ini berarti kru di dalam tidak dapat membukanya —untuk dikeluarkan, tim di permukaan harus membuka segel palka.

Submersible memiliki empat pendorong listrik yang dikemudikan dengan pengontrol Logitech. OceanGate juga menggunakan teknologi satelit Starlink milik Elon Musk selama operasi penyelamannya.

Titan memiliki banyak metode untuk turun dan kembali ke permukaan, termasuk baling-baling -tangki apung yang dibanjiri air atau diisi udara dan bobot yang dapat dijatuhkan untuk memberikan daya apung positif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya