WhatsApp Buat Fitur yang Lebih Efisien untuk Pebisnis

WhatsApp.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Aplikasi perpesanan instan WhatsApp mengumumkan kemampuan baru yang memungkinkan lebih dari 200 juta pengguna aplikasi WhatsApp Business untuk membuat iklan Facebook dan Instagram yang mengarahkan ke WhatsApp tanpa memerlukan akun Facebook. 

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

"Berbagai bisnis kecil di seluruh dunia yang menjalankan seluruh operasinya di WhatsApp akan dapat membuat, membeli, dan menayangkan iklan Facebook atau Instagram secara langsung di dalam aplikasi WhatsApp Business," kata Country Director Meta Indonesia, Pieter Lydian, di Jakarta, Selasa, 27 Juni 2023.

Jadi pengguna tidak perlu memiliki akun Facebook, hanya membutuhkan alamat email dan bentuk pembayaran. Kemudian ketika seseorang mengeklik iklan, iklan tersebut akan membuka chat di WhatsApp sehingga mereka dapat mengajukan pertanyaan, menelusuri produk, dan melakukan pembelian. 

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Iklan merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mendorong calon pelanggan mengirim pesan dan cara ini akan membuka peluang baru bagi bisnis kecil yang hanya menggunakan WhatsApp dan membutuhkan cara yang lebih sederhana untuk mulai beriklan.

Ketika bisnis kecil menemukan pelanggan baru, mereka harus memiliki alat yang dapat membantunya terhubung dengan pelanggan secara cepat dan mudah dalam skala besar.

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

WhatsApp MSME Summit 2023.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

"Mulai saat ini, kami akan mulai melakukan uji coba fitur baru dalam aplikasi WhatsApp Business, di mana bisnis kecil akan memiliki opsi untuk mengirim pesan yang dipersonalisasi kepada pelanggan mereka dengan cara yang lebih cepat dan efisien," lanjutnya. 

Ketimbang harus mengirimkan pesan yang sama secara manual ke beberapa pelanggan, fitur baru ini akan memberikan kemampuan kepada bisnis untuk mengirimkan pesan pribadi berisi nama pelanggan dan tombol ajakan bertindak yang dapat disesuaikan ke daftar pelanggan tertentu.

Anak usaha Meta ini akan menawarkan jenis pesan opsional tingkat lanjut secara berbayar di aplikasi WhatsApp Business. Detail selengkapnya akan dibagikan dalam waktu dekat.

"Fitur-fitur baru ini akan memberi mereka akses ke alat yang secara tradisional hanya tersedia untuk bisnis besar dan membantu mereka melakukan hal yang paling penting, terhubung dengan pelanggan dan tumbuh," jelasnya. 

Menurutnya, bisnis kecil adalah detak jantung komunitas lokal dan WhatsApp sangat senang mendengar bagaimana alat baru ini dapat membantu mempererat hubungan dengan pelanggan dan mengembangkan operasi bisnis kecil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya