AS Mau Blokir Matahari

Presiden AS Joe Biden.
Sumber :
  • AP Photo/Patrick Semansky.

VIVA Tekno – Miliarder Bill Gates pernah menganjurkan gagasan untuk menggunakan teknik memblokir sebagian radiasi Matahari yang mencapai Bumi dan mendukung eksperimen Universitas Harvard untuk melihat efek penyemprotan partikel reflektif ke stratosfer dengan harapan menciptakan pendinginan global.

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tampaknya tergoda dengan gagasan tersebut. Apakah memblokir sinar Matahari dapat digunakan untuk memperlambat pemanasan global?

Sebuah laporan yang diminta oleh Kongres telah dipublikasikan di situs Gedung Putih. Ini menguraikan opsi penelitian yang terkait dengan proses yang dikenal sebagai Solar Radiation Modification (SRM).

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Apa yang dilakukan dokumen tersebut adalah mendekati masalah geoengineering surya dari kerangka kerja 'risiko intervensi vs risiko tidak ada tindakan'.

Dokumen setebal 44 halaman itu diminta oleh Kongres dalam laporan kebijakan yang menyertai RUU Alokasi Anggaran 2022.

Kapan Bumi Kiamat?

Hal ini menyulap beberapa cara untuk membatasi jumlah sinar Matahari yang mencapai Bumi, seperti injeksi aerosol stratosfer (SAI) untuk melipatgandakan jumlah aerosol di stratosfer, guna memantulkan sinar Matahari menjauh dari planet seperti yang terjadi secara alami setelah letusan gunung berapi.

Dengan pencerahan awan laut – untuk meningkatkan tutupan awan di atas lautan – Awan cirrus menipis, atau mengurangi jumlah awan cirrus yang terbang tinggi, yang memantulkan radiasi Matahari ke Bumi.

"Rencana penelitian ini berfokus pada peningkatan pemahaman tentang potensi dampak SRM, bukan pada teknologi yang diperlukan untuk penyebaran. Sebagian besar penelitian ini akan berkontribusi pada kemampuan kita untuk memahami proses iklim dasar dan efek emisi gas rumah kaca manusia, serta hasil dari SRM," kata dokumen.

Bumi dan Matahari yang dilihat dari luar angkasa.

Photo :
  • Getty Images

Laporan tersebut mengakui bahwa tidak ada rencana untuk membuat program penelitian komprehensif yang berfokus pada modifikasi radiasi Matahari, menurus situs Sputnik Globe, Senin, 10 Juli 2023.

Namun, saat laporan itu dipublikasikan, itu menimbulkan pukulan balik di internet. Idenya, meski hanya digariskan sebagai makalah penelitian, dicap sebagai 'kegilaan'.

Beberapa pengguna khawatir bahwa ini pada akhirnya akan menjadi upaya untuk 'melegalkan senjata iklim' sementara yang lain khawatir tentang konsekuensinya terhadap manusia, kehidupan tanaman, dan pasokan makanan.

Bill Gates bersama dengan beberapa pendonor swasta, mendukung Program Riset Geoengineering Universitas Harvard pada tahun 2021. Program tersebut meneliti metode seperti menyemai stratosfer dengan aerosol –awan gas yang dibentuk oleh partikel banyak partikel bahan umum– untuk memantulkan sinar Matahari.

Namun dalam surat terbuka, para sarjana, penggagas Perjanjian Non-Penggunaan Geoengineering Tenaga Surya berpendapat teknologi tersebut tidak dapat diatur secara efektif dan akan menimbulkan risiko yang tidak dapat diterima jika diterapkan sebagai bagian dari masa depan kebijakan iklim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya