Aneh, Makin Banyak Wanita Korea Utara Merokok di Depan Umum

Para wanita di Korea Utara.
Sumber :
  • Daily NK

Korea Utara – Pihak berwenang Korea Utara menindak perempuan yang merokok di depan umum, dengan mengatakan mereka mempromosikan budaya kapitalis dan memadamkan moral sosialis.

Komisaris HAM PBB Kecam Perihal Hukum yang Mewajibkan Hijab di Iran

Tapi pemikiran yang sama sepertinya tidak berlaku untuk pria. Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un, misalnya, adalah perokok berat yang sering terlihat di media pemerintah sedang memegang rokok yang menyala.

Di Korea Utara, wajar bagi pria untuk merokok, tetapi perempuan tidak disukai untuk melakukan hal yang sama, kata seorang narasumber kepada Radio Free Asia, seperti dilansir pada Senin 17 Juli 2023.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

VIVA Militer: Kim Jong-un tenteng rokok sambil tonton uji coba rudal balistik

Photo :
  • Youtube
Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

Statistik pada 2020 tampaknya mengkonfirmasi tren ini dengan 46,1 persen pria Korea Utara melaporkan sendiri bahwa mereka telah aktif menggunakan tembakau, dibandingkan dengan wanita yang secara mengejutkan berjumlah 0 persen wanita, menurut laporan oleh 38 North, sebuah publikasi dari Stimson Center yang berbasis di Washington DC, AS.

Namun, belakangan ini, lebih banyak wanita yang merokok di depan umum, dan pihak berwenang memberlakukan undang-undang anti merokok di tempat umum pada wanita tetapi tidak pada pria.

"Bahkan jika pihak berwenang mencoba untuk menegakkan larangan, itu tidak menghentikan laki-laki untuk merokok, tetapi baru-baru ini mereka menangkap perempuan yang merokok," kata seorang sumber di provinsi barat laut Pyongan Utara kepada RFA tanpa menyebut nama untuk alasan keamanan.

“Pihak berwenang telah menindak sejak awal bulan ini karena semakin banyak perempuan yang merokok (di depan umum), terutama di kota,” katanya.

Pada 2005, Korea Utara mengesahkan Undang-Undang Pengendalian Tembakau, yang melarang merokok di rumah sakit dan klinik medis, dan di transportasi umum.

Dalam sebuah langkah yang dipublikasikan sebagai bermanfaat bagi kesehatan masyarakat dan lingkungan, negara tersebut memperkenalkan Undang-Undang Larangan Tembakau pada 2020, yang mengatur produksi dan penjualan rokok, menunjuk lebih banyak ruang publik di mana merokok dilarang, dan menetapkan hukuman rinci untuk merokok di publik.

Produsen dan perokok laki-laki sebagian besar diizinkan untuk mengabaikan undang-undang tersebut, karena perusahaan bertanggung jawab untuk menghasilkan pendapatan bagi negara, yang hanya mungkin terjadi jika perokok dapat merokok.

Ditambah lagi, RFA melaporkan pada tahun 2020 bahwa warga Korea Utara secara pribadi menyebut undang-undang anti-rokok itu munafik karena Kim Jong Un sering digambarkan di media pemerintah sedang mengisap rokok, termasuk di depan anak-anak di panti asuhan yang dia kunjungi sekitar waktu undang-undang itu disahkan.

Tetapi peningkatan baru-baru ini dalam merokok di depan umum oleh wanita adalah penyebab tindakan keras baru-baru ini, yang membuat polisi mengawasi tempat-tempat seperti restoran dan pasar, kata warga Pyongan Utara itu.

“Ini adalah penumpasan pertama seperti ini,” katanya, dan menggambarkan insiden 10 Juni di mana dua wanita berusia 40-an didenda 30.000 won karena merokok setelah makan di sebuah restoran di kota Sinuiju, yang terletak di perbatasan dengan Cina.

"Polisi memperingatkan mereka bahwa jika mereka ketahuan merokok lagi, mereka akan didenda 100.000 won dan jika mereka tertangkap untuk ketiga kalinya, mereka dapat dipenjara di pusat kerja disipliner selama sebulan," kata warga tersebut.

Di kota Anju, di provinsi Pyongan Selatan, polisi bahkan melakukan penyamaran untuk mencoba menangkap perempuan yang sedang merokok, kata seorang penduduk di sana kepada RFA tanpa menyebut nama untuk berbicara dengan bebas.

“Sejak awal bulan ini, agen jaminan sosial berpakaian sipil mengunjungi setiap restoran di dekat teater seni provinsi di Anju,” katanya. “Banyak artis dan orang kaya pergi ke sana dan banyak wanita merokok.”

Dia mengaitkan peningkatan perokok wanita dengan tekanan yang lebih besar yang mereka hadapi untuk mendapatkan uang untuk memberi makan keluarga mereka. Jadi sekarang, wanita perokok dianggap lebih modern daripada rekan-rekan mereka di masa lalu, kata sumber itu.

Wanita di Korea Utara

Photo :
  • Daily NK

Terlepas dari dampak kesehatan yang jelas dari merokok, melakukannya di depan umum dapat dilihat sebagai cara bagi perempuan untuk menegaskan kemandirian mereka, ujar Yoon Bo Young, seorang peneliti yang berfokus pada wanita dan masyarakat Korea Utara di Universitas Dongguk Korea Selatan, kepada RFA.

Yoon mencatat bahwa dalam budaya Korea, merokok secara tradisional dianggap sebagai hobi laki-laki, tetapi sekarang lebih sedikit perokok perempuan yang menyembunyikan kebiasaan mereka di Korea Selatan.

Dia memperkirakan bahwa wanita yang merasa cukup nyaman untuk merokok di depan umum akan menyebabkan lebih banyak retakan dalam norma sosial Korea Utara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya