Arya Putra Kaget dan Tak Menyangka Bisa Dapat Rp150 Juta

Ilustrasi mata uang.
Sumber :
  • ANTARA/Rivan Awal Lingga

Jakarta – Wajah Arya Putra nampak semringah. Ia dinobatkan sebagai 'Design of the Year' lewat karyanya 'Silih HUB'. Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut seakan tidak percaya kalau dirinya berhasil menumbangkan ratusan peserta dengan ribuan karya.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Ia juga mengaku tidak mudah untuk bersaing dengan kontestan lain dari berbagai negara yang karya-karyanya lebih bagus darinya.

"Unbelievable. Bisa lolos ke babak grand final saja sudah suatu kebanggaan dan kehormatan bagi saya. Apalagi berhasil meraih 'Designer of the Year'. Ini anugerah yang luar biasa," katanya, dalam keterangan resmi, Jumat, 21 Juli 2023.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Dengan demikian, dirinya berhak mendapat beasiswa 'Design Discovery Program' senilai US$10 ribu (Rp150,2 juta) di Harvard University's Graduate School of Design di Boston, Amerika Serikat (AS) selama tiga minggu.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Arya Putra mengikuti ajang kompetisi desain berskala internasional, AYDA International Awards 2022/23, yang dihelat di Vietnam.

Adapun AYDA Awards telah diluncurkan sejak 2008 oleh Nippon Paint untuk memotivasi mahasiswa/i arsitek dan desainer interior untuk menciptakan dunia yang lebih baik melalui kekuatan desain.

Menurut Ibam Arafi, Juri AYDA Indonesia, tantangan bagi desainer generasi berikutnya adalah menciptakan desain yang memenuhi kebutuhan masyarakat dan membiarkan alam berkembang, sambil mendorong proses peremajaan diri.

"AYDA telah terbukti selama bertahun-tahun sebagai platform untuk membina talenta muda memberi mereka landasan untuk mengukir karir yang sukses. Pengalaman yang ditempa telah membentuk komunitas desain yang terdiri dari arsitek profesional, desainer interior, asosiasi industri, dan civitas academica," tegas Ibam.

Sementara itu, Manager Pemasaran Nippon Paint Indonesia Linda Kam mengaku bangga karena Arya Putra sebagai wakil Indonesia telah berhasil meraih penghargaan utama di ajang tersebut.

"Melihat potensi yang begitu besar dari generasi muda kita tentu saja kami memberi dukungan seluas-luasnya bagi calon arsitek dan desainer interior masa depan yang telah menorehkan prestasi dan mengharumkan nama Indonesia di kancah global," ungkap Linda.

AYDA Awards 2022/23 telah menerima 5.184 karya dari 921 perguruan tinggi yang tersebar di 16 lokasi geografis. Indonesia menyumbangkan 409 karya yang semakin memperkuat reputasi AYDA Awards sebagai penghargaan yang diakui di kalangan desainer profesional, baik nasional maupun internasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya