Oppenheimer: Mimpi Buruk Fisikawan soal Perang Nuklir

Ilustrasi Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki.
Sumber :
  • vstory

VIVA Tekno – Film baru Christopher Nolan, Oppenheimer, diisi dengan mimpi terburuk fisikawan tentang perang nuklir. Penglihatan yang tidak menyenangkan tentang awan jamur yang meledak dari kota ke kota, tumpukan api naik melewati awan, dan riak radiasi yang melanda Eropa menghantui J. Robert Oppenheimer dari Cillian Murphy.

Menlu Iran soal Senjata Pemusnah Massal: Penggunaan Nuklir Hanya untuk Tujuan Damai

Sebagai direktur laboratorium rahasia Los Alamos, tempat sekelompok ilmuwan mengembangkan dan menguji bom atom pertama di dunia, Oppenheimer sangat menyadari kekuatan yang dikeluarkan labnya.

Dia menyebutnya 'kematian, penghancur dunia'. Teror malam Oppenheimer tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan skenario terburuk yang diprediksi para ilmuwan saat ini.

Demi Alasan Keamanan, Polandia Siap Tampung Senjata Nuklir NATO

Pecahnya perang nuklir, dengan ratusan atau ribuan ledakan atom dapat mengirim planet ini ke keadaan apokaliptik yang disebut musim dingin nuklir, di mana miliaran orang akan mati kelaparan.

"Senjata nuklir adalah bahaya terbesar yang dihadapi dunia dan telah dihadapi sejak lama, tetapi kita telah melupakannya," kata Alan Robock, seorang profesor di Universitas Rutgers dan pelopor penelitian musim dingin nuklir.

Terkuak Deretan Negara Ini Ternyata Jadi Penyokong Senjata Canggih ke Israel

Sejauh ini, menurutnya kita sangat beruntung. Musim dingin nuklir adalah sebuah teori, berdasarkan model dan diperdebatkan dalam komunitas ilmiah – seperti banyak prediksi yang dibuat ilmuwan atom pada zaman Oppenheimer.

Film Oppenheimer

Photo :
  • Forte Indonesia

Itu akan dimulai dengan bom nuklir yang membakar kota-kota. Setiap ledakan nuklir akan menyulut api kecil yang tak terhitung jumlahnya, yang dapat menyatu menjadi badai api besar yang tak terkendali.

Jika terjadi serangan nuklir bolak-balik yang berkelanjutan, semua badai api itu dapat mengirim begitu banyak jelaga ke stratosfer sehingga membentuk sabuk di sekitar planet dan menghalangi Matahari, menyebabkan suhu turun hingga 15 derajat Celcius. Pendinginan global ini bisa berlangsung bertahun-tahun.

Kegelapan, dingin, dan radiasi dari kejatuhan nuklir akan menghancurkan sebagian besar kehidupan tumbuhan dan hewan di Bumi, menurut situs Science Alert, Kamis, 27 Juli 2023.

Lima ilmuwan, termasuk Carl Sagan, pertama kali mengajukan teori ini dalam makalah tahun 1983. Sejak itu, tim ilmuwan lintas studi, termasuk Robock, menggabungkan model iklim dan simulasi produksi makanan untuk lebih memahami kemungkinan musim dingin nuklir.

Tahun lalu, mereka menerbitkan temuan bahwa ikan dan ternak tidak akan mampu menopang dunia jika musim dingin nuklir memusnahkan tanaman. Mereka menyimpulkan bahwa perang nuklir antara AS dan Rusia dapat menyebabkan 5 miliar orang mati kelaparan.

Bahkan perang nuklir yang lebih kecil antara India dan Pakistan dapat mengirimkan jutaan ton jelaga ke atmosfer dan menyebabkan kekurangan pangan global, menurut perhitungan mereka. Robock dan rekannya memperkirakan skenario itu akan membunuh sekitar 2 miliar orang.

"Saya harap (film Oppenheimer) akan membuat orang bertanya-tanya mengapa kita masih memiliki senjata nuklir, bagaimana mungkin senjata itu digunakan, dan mengapa kita membutuhkannya," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya