Geger Penemuan Jenazah di Gunung Salju yang Mencair

Gletser.
Sumber :
  • dw

SionGletser yang mencair di Pegunungan Alpen Swiss telah mengungkap jasad seorang pendaki gunung Jerman yang hilang 37 tahun lalu.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Pada 12 Juli, para pendaki di gletser Theodul di selatan Zermatt, Swiss, melihat sisa-sisa manusia yang menyembul dari es mencair mengenakan sepatu hiking dan crampon - perangkat traksi berduri yang dipasang pejalan kaki di sepatu mereka.

Jenazah dikirim ke unit kedokteran forensik di Rumah Sakit Valais di kota terdekat, Sion, dan analisis DNA memastikan bahwa itu milik seorang pendaki berusia 38 tahun yang hilang di gunung pada tahun 1986, menurut pernyataan polisi Valais.

Kondisi Mayat Perempuan Dalam Koper di Cikarang Bekasi: Kepala Remuk Bibir Pecah

"Gletser yang surut semakin membawa pendaki gunung yang menghilang beberapa dekade lalu," kata pernyataan polisi, dilansir VIVA Tekno dari situs Live Science, Minggu 30 Juli 2023.

Gletser sangat penting untuk keamanan air di Swiss karena menyimpan tumpukan salju dalam jumlah besar di musim dingin yang mencair ke sungai sepanjang musim panas, memasok air bersih bagi masyarakat setempat.

Terkuak, Identitas Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi

Ilustrasi mayat.

Photo :
  • U-Report

Namun, seiring percepatan perubahan iklim, gletser Swiss mencair dengan kecepatan yang mengkhawatirkan dengan volume esnya berkurang 6 persen pada tahun 2022 saja, menurut Jaringan Pemantauan Gletser Swiss (GLAMOS). 

Ini bukan pertama kalinya mayat muncul dari kuburan glasial yang mencair di Pegunungan Alpen.

Pada tahun 2017, dua mayat yang diawetkan ditemukan di gletser Tsanfleuron di Pegunungan Alpen Barat, yang kemungkinan telah ada di sana sejak 1942. 

Tahun lalu pendaki gunung menemukan reruntuhan dan banyak mayat dari kecelakaan pesawat tahun 1968 di gletser Chessjen di Valais 

Selain mayat manusia, artefak kuno telah muncul dari es yang mencair di seluruh Eropa, termasuk sandal Zaman Besi dan sepatu berusia 3.000 tahun di manq keduanya ditemukan di bongkahan es yang mencair di pegunungan di Norwegia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya