Amazon di Ambang Kritis

KTT Amerika Selatan mengenai Hutan Amazon.
Sumber :
  • Al Jazeera

VIVA Tekno – Delapan negara Amerika Selatan telah sepakat untuk meluncurkan aliansi untuk melindungi Amazon, berjanji pada pertemuan puncak di Brasil untuk menghentikan hutan hujan terbesar di dunia mencapai "titik tanpa harapan".

Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

Para pemimpin dari negara-negara Amerika Selatan juga menantang negara-negara maju untuk berbuat lebih banyak, untuk menghentikan penghancuran besar-besaran hutan hujan terbesar di dunia, tugas yang menurut mereka tidak bisa hanya menjadi tanggung jawab beberapa negara saja ketika krisis disebabkan oleh begitu banyak negara, menurut laporan Al Jazeera.

Marah Iran Serang Israel, Uni Eropa Akan Jatuhi Sanksi Baru

Kebakaran hebat melanda hutan hujan Amazon.

Photo :

KTT Amazon Cooperation Treaty Organization (ACTO) yang diawasi ketat, mengadopsi apa yang disebut negara tuan rumah Brasil sebagai "agenda bersama yang baru dan ambisius" untuk menyelamatkan hutan hujan, penyangga penting terhadap perubahan iklim yang diperingatkan para ahli sedang didorong ke tepi jurang runtuh.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Anggota kelompok tersebut, Bolivia, Brasil, Kolombia, Ekuador, Guyana, Peru, Suriname, dan Venezuela, menandatangani deklarasi bersama di Belem, di muara Sungai Amazon, menyusun peta jalan berisi hampir 10.000 kata untuk mempromosikan pembangunan berkelanjutan, mengakhiri deforestasi dan melawan kejahatan terorganisir yang mengakibatkan rusaknya Amazon.

Tetapi para peserta KTT berhenti menyetujui tuntutan utama para pecinta lingkungan dan kelompok Pribumi, termasuk agar semua negara anggota mengadopsi ikrar Brasil untuk mengakhiri penggundulan hutan ilegal pada tahun 2030 dan ikrar Kolombia untuk menghentikan eksplorasi minyak baru.

Sebaliknya, negara-negara akan dibiarkan mengejar tujuan deforestasi masing-masing.

Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva, yang telah mempertaruhkan reputasi internasionalnya dalam meningkatkan status lingkungan Brasil, telah mendorong agar wilayah tersebut bersatu di belakang kebijakan bersama untuk mengakhiri deforestasi pada 2030.

KTT dua hari itu dibuka pada hari yang sama ketika observatorium iklim Uni Eropa mengonfirmasi bahwa Juli adalah bulan terpanas yang pernah tercatat di Bumi. Lula menekankan “memburuknya krisis iklim” dalam pidato pembukaannya. “Tantangan zaman kita dan peluang yang muncul darinya menuntut kita bertindak serempak,” katanya.

“Ini tidak pernah begitu mendesak,” tambahnya.

Presiden Kolombia Gustavo Petro mendesak pemikiran ulang radikal ekonomi global, menyerukan strategi gaya "Rencana Marshall" di mana utang negara berkembang dibatalkan dengan imbalan tindakan untuk melindungi iklim. “Jika kita berada di ambang kepunahan dan ini adalah dekade ketika keputusan besar harus dibuat… lalu apa yang bisa kita lakukan, selain berpidato?” ujarnya.

Kegagalan delapan negara Amazon untuk menyetujui pakta yang mengikat untuk melindungi hutan mereka disambut dengan kekecewaan oleh beberapa pihak.

"Planet sedang mencair, kita memecahkan rekor suhu setiap hari. Tidak mungkin, dalam skenario seperti ini, delapan negara Amazon tidak dapat membuat pernyataan, dalam huruf besar, bahwa deforestasi harus hilang,” kata Marcio Astrini dari kelompok lobi lingkungan Climate Observatory.

Rumah bagi sekitar 10 persen keanekaragaman hayati Bumi, 50 juta orang, dan ratusan miliar pohon, Amazon adalah "jantung" penyerap karbon penting, yang mengurangi pemanasan global.

KTT Amerika Selatan mengenai Hutan Amazon

Photo :
  • Al Jazeera

Para ilmuwan memperingatkan penghancuran hutan hujan itu akan membuat Amazon mendekati "titik kritis" yang berbahaya, di mana pohon akan mati dan melepaskan karbon daripada menyerapnya, dengan konsekuensi bencana bagi iklim Bumi.

Berusaha untuk menekan para kepala negara yang berkumpul, ratusan aktivis lingkungan, aktivis, dan demonstran Pribumi berbaris ke tempat konferensi, mendesak tindakan berani.

Ini adalah pertemuan puncak pertama dalam 14 tahun untuk kelompok delapan negara tersebut, yang dibentuk pada tahun 1995 oleh negara-negara Amerika Selatan yang berbagi lembah Amazon. KTT tersebut juga dilihat sebagai gladi resik untuk pembicaraan iklim PBB 2025, yang akan menjadi tuan rumah Belem.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya