Minum Kopi, Bikin Pusing atau Malah Menyembuhkan?

Ilustrasi sakit kepala/demam.
Sumber :
  • Pexels/Andrea Piacquadio

VIVA TeknoBeberapa orang yang melewatkan secangkir kopi pagi akan merasakan pelipis berdenyut. Namun, kelompok lainnya yang minum kopi lebih banyak dari biasanya juga akan merasakan sakit kepala. Dan entah bagaimana, secangkir kopi yang kuat juga dapat menghentikan beberapa migrain

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Jadi, apakah kafein biang keladi atau obat sakit kepala? Apakah masalahnya terlalu banyak atau tidak cukup?

Kunci untuk memahami kafein adalah dengan mengingatnya bahwa itu bukan bahan biasa. Kafein adalah zat psikoaktif, menurut Richard Lipton, seorang profesor neurologi di Albert Einstein College of Medicine di New York City. 

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Ini memiliki sifat merangsang dan vasokonstriksi, yang berarti mempercepat aktivitas otak dan menyebabkan pembuluh darah di kepala menyempit, akan membantu menjelaskan peran kafein dalam sakit kepala - baik sebagai pemicu maupun pereda. 

Kemampuan kafein untuk meredakan sakit kepala atau menghentikan migrain sudah dikenal banyak orang karena menjadi bahan utama dalam beberapa obat bebas dan resep, termasuk obat khusus sakit kepala seperti Excedrin. 

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

"Ini bukan pereda nyeri dengan sendirinya, tetapi bila dikombinasikan dengan pereda nyeri, itu membuatnya lebih efektif," kata Lipton, dikutip dari laman Live Science, Rabu, 9 Agustus 2023.

Sementara sinergi kafein dengan pereda nyeri tidak sepenuhnya dipahami, hal itu mungkin terkait dengan aktivitas kafein di otak.

Molekul kafein mengikat reseptor adenosin di otak dan sumsum tulang belakang. Biasanya, adenosine, sebuah blok bangunan di RNA, sepupu molekul DNA dan bahan bakar kimia utama yang digunakan oleh sel-sel tubuh berikatan dengan reseptor ini, tetapi diblokir oleh kafein yang tertelan.

Ilustrasi meracik minuman kopi.

Photo :
  • Deal Street Asia

Dengan mengambil tempat yang biasanya ditempati adenosin, kafein memblokir efek molekul. Sementara adenosin memperlambat aktivitas saraf, kafein meningkatkannya. 

Adenosin meningkatkan aliran darah dan menyebabkan pembuluh darah melebar. Sementara kafein menyempitkannya karena beberapa sakit kepala sebagian berasal dari vasodilatasi di kepala.

Namun, adenosin juga memainkan peran kompleks dalam transmisi rasa sakit, terkadang memadamkan sinyal rasa sakit dan terkadang meningkatkannya. Jadi kafein juga dapat meredakan sakit kepala dengan mengacaukan sinyal ini. 

Studi juga menunjukkan bahwa ketika diminum dengan kafein, pereda nyeri seperti acetaminophen diserap lebih cepat dan efeknya dapat bertahan lebih lama.

Dalam sebuah penelitian di mana penyedia dan pasien tidak tahu apakah mereka menerima pil aktif atau plasebo, kafein dengan ibuprofen memberikan pereda nyeri yang lebih baik dan lebih cepat daripada ibuprofen saja.

Namun, kemampuan penghilang rasa sakit kafein sangat bervariasi, tergantung pada seberapa banyak orang mengkonsumsinya, menurut Stanford Health Care.

Beberapa orang mengembangkan toleransi dengan penggunaan kafein yang sering dan kemudian dapat menjadi ketergantungan pada efek kafein. Oleh karenanya metode itu dapat meminimalkan efek pereda sakit kepala.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya