Marak Serangan Hacker, Login WhatsApp akan Pakai Email

WhatsApp.
Sumber :
  • jaktosie.pl

VIVA Tekno – Cara login WhatsApp yang menjadi populer adalah dengan memasukkan nomor telepon pengguna. Tapi mungkin kedepan, platform itu akan mengadopsi cara baru, yakni dengan email.

WhatsApp Ogah Tunduk Sama UU, Menantang Pemerintah

Temuan versi beta dari WhatsApp untuk Android menunjukkan bahwa Meta memungkinkan pengguna mengaitkan alamat email dengan nomor telepon mereka dalam waktu dekat.

Fitur tersebut kemungkinan tidak akan menyuruh pengguna membuat akun dengan login email. Sebaliknya, alamat email mungkin berfungsi sebagai fitur keamanan untuk membantu melindungi akun WhatsApp dari peretasan dan pengambilalihan oleh hacker.

Realme Menyapa Pengguna Lewat WhatsApp

Sementara beberapa orang jahat – hacker – mungkin ingin mencuri akun WhatsApp tertentu, di mana melakukannya akan lebih sulit daripada mencuri kredensial masuk lainnya, menurut situs BGR, Rabu, 9 Agustus 2023.

Hal itu karena mereka harus mendapatkan nomor telepon atau smartphone target untuk meretas akun tersebut. Meretas WhatsApp, dalam hal ini, berarti memindahkan akun WhatsApp ke perangkat lain atau mengubah nomor telepon terkait.

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China

Bahkan hal sederhana seperti kehilangan ponsel atau dicuri dapat menyebabkan masalah pemulihan akun WhatsApp. Pencuri mungkin tidak tertarik dengan akun Whatsapp, tetapi pengguna mungkin tidak dapat langsung kembali ke WhatsApp.

WhatsApp.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Masalah dapat diperbaiki setelah operator menonaktifkan kartu SIM sebelumnya dan memberi pengguna kartu baru yang akan digunakan pada handset yang berbeda.

Di situlah opsi keamanan email baru mungkin akan berguna. Itu memungkinkan pemegang akun WhatsApp untuk mendapatkan akses kembali ke akun mereka lebih cepat.

Blog WABetaInfo dikenal karena menemukan fitur WhatsApp baru sebelum Meta siap mengumumkannya. Tetapi Meta sedang menguji fitur-fitur ini secara lebih liar melalui versi beta.

WABetaInfo mencatat bahwa Meta telah memperkenalkan fitur keamanan baru pada April lalu. Ini akan mencegah hacker atau peretas mencuri akun WhatsApp dan melindungi dari aplikasi malware yang memaksa akun WhatsApp untuk mengirim pesan.

Fitur keamanan baru juga menyertakan kode keamanan otomatis yang akan meningkatkan proses verifikasi keamanan. Sekarang, pembaruan WhatsApp beta untuk Android 2.23.16.15 mengungkapkan fitur keamanan login email.

Tangkapan layar yang dibagikan menunjukkan bahwa Meta ingin menawarkan perlindungan tambahan ke akun WhatsApp dengan membiarkan pengguna mengaitkan email dengan nomor telepon.

Tidak jelas dalam keadaan apa WhatsApp akan menggunakan email tersebut untuk mengamankan akun. Tapi, blog mencatat bahwa fitur ini akan diubah. Selain itu fitur ini akan berbeda dengan fitur yang meminta alamat email saat otentikasi dua faktor untuk WhatsApp.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya