Teleskop James Webb Temukan Objek Berbentuk Tanda Tanya Misterius di Luar Angkasa

Gambar luar angkasa yang diambil Teleskop Antariksa Milik James Webb (JWST)
Sumber :
  • penisslayer24

VIVA Digital – Alam semesta memang menyimpan berbagai hal unik dan misterius yang selalu menarik perhatian masyarakat di dunia. Seperti baru-baru ini teleskop antariksa James Webb (JWST) berhasil memotret sebuah bentuk unik yang ada di luar angkasa. 

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Teleskop James Webb itu menangkap galaksi dengan bentuk seperti tanda tanya. Letak galaksi tersebut berada di Konstelasi Vela, sekitar 1.470 tahun cahaya dari Bumi. Gambar ini dirilis oleh Tim James Webb Space Telescope di Badan Antariksa Eropa (ESA) pada 26 Juni 2023 lalu. 

Walaupun sudah dirilis sejak lama, para ilmuwan antariksa baru memaparkan penemuan tersebut baru-baru ini. Melansir dari laman Space, dalam gambar tersebut, bintang-bintang bernama Herbig-Haro 46/47, dikelilingi dengan piringan material yang "memberi makan" bintang-bintang ketika mereka tumbuh selama jutaan tahun.

Iran Bantah Rudal Israel Meledak di Isfahan: Itu Drone yang Ditembak Jatuh

Teleskop Antariksa Milik James Webb (JWST)

Photo :
  • webbtelescope.org

Namun, tepat di bawah bintang-bintang itu, di latar belakang gambar luar angkasa yang menakjubkan, ada sebuah objek yang mirip seperti tanda tanya kosmik raksasa. Tapi, tak jelas apa sebenarnya objek tanda tanya itu, tapi warna dan bentuknya memberi gambaran. 

Erick Thohir Pastikan Seluruh Aset BUMN Dilindungi TNI

“Itu mungkin galaksi yang jauh, atau galaksi yang berpotensi berinteraksi (interaksi mereka mungkin telah menyebabkan bentuk tanda tanya yang terdistorsi)," kata perwakilan dari Space Telescope Science Institute (STScI) di Baltimore yang dilansir dari Space.com.

STScl mengatakan bahwa warna objek pada gambar JWST memberi tahu para ahli bahwa objek itu cukup jauh. Namun, hal yang menarik lagi bahwa objek tersebut mungkin pertama kalinya para astronom melihat tanda tanya kosmik. 

"Tindak lanjut tambahan akan diperlukan untuk mencari tahu apa itu dengan pasti. Webb menunjukkan kepada kita banyak galaksi baru yang jauh - jadi ada banyak ilmu baru yang harus dilakukan!" lanjutnya.

Teleskop Antariksa Milik James Webb (JWST)

Photo :
  • penisslayer24

Sejumlah peneliti juga memperlihatkan bahwa warna objek tanda tanya mirip dengan galaksi jauh lainnya pada gambar yang sama. Dengan dugaan bahwa objek misterius itu seperti sepasang galaksi yang tampaknya adalah metode identifikasi yang masuk akal. 

Penemuan yang menakjubkan seperti tanda tanya kosmik ini pasti akan datang karena kemampuan pencitraan inframerah dekat JWST yang beresolusi tinggi. Dengan teknologi tersebut memungkinkannya untuk mengintip ke alam semesta yang jauh. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya