Wanita Meninggal karena Kebanyakan Minum Air Putih Bikin Heboh

Minum air putih.
Sumber :
  • Times of India

VIVA Tekno – Heboh kabar viral mengenai seorang wanita yang meninggal dunia gara-gara kebanyakan minum air putih. Wanita itu berasal dari wilayah Indiana, Amerika Serikat (AS), diakibatkan keracunan air atau hiponatremia.

Lonjakan Kasus DBD di Lampung, 1.779 Kasus Terungkap dengan 10 Korban Meninggal

Kronologinya bermula saat wanita bernama Ashley Summers tengah berjalan-jalan bersama keluarganya di Danau Freeman, Indiana. Dia merasa kepalanya sakit dan seketika merasa pusing, mirip seperti tanda-tanda dehidrasi.

Penyair Joko Pinurbo Meninggal Dunia

Minum air putih hangat.

Photo :
  • Pixabay/Pexels

Lantaran dianggap dehidrasi di tengah cuaca yang sangat panas, dia pun langsung minum empat botol air atau dua liter air dalam kurun waktu 20 menit. Saat sampai di rumah, dia pun pingsan karena pembengkakan otak yang parah. Summer dibawa ke rumah sakit kemudian meninggal dunia.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Banyak yang bertanya-tanya akibat viral wanita meninggal kebanyakan minum air putih, kok bisa hal itu terjadi? Saat Ia berada di rumah sakit, dokter mendiagnosis Summers dengan keracunan air alias hiponatremia.

Mengenal Hiponatremia

Dilansir dari Mayo Clinic, Rabu, 9 Agustus 2023, hiponatremia merupakan kondisi ketika konsentrasi natrium dalam darah rendah secara tidak normal. Natrium adalah elektrolit yang membantu mengatur jumlah air yang ada di dalam dan di sekitar sel tubuh.

Pada kondisi hiponatremia, satu atau beberapa faktor, seperti kondisi medis tertentu hingga minum terlalu banyak air, menyebabkan natrium dalam tubuh menjadi encer.

Ketika hal ini terjadi, kadar air dalam tubuh meningkat, dan sel-sel mulai membengkak. Pembengkakan ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, mulai dari yang ringan hingga yang mengancam jiwa.

Ilustrasi air putih

Photo :
  • Pixabay

Hiponatremia bisa menyebabkan gejala neurologis mulai dari kebingungan, kejang hingga koma. Tingkat keparahan gejala tergantung pada seberapa rendah kadar natrium dalam aliran darah dan seberapa cepat penurunannya.

Hiponatremia ini jugalah yang menyebabkan viralnya wanita meninggal karena kebanyakan minum air putih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya