Shopee Ajak SIBERKREASI Pangkas Penipuan Online dengan Fitur 'Cek Fakta'

Shopee luncurkan fitur Cek Fakta untuk terhindar dari penipuan online
Sumber :
  • Shopee

VIVA – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengungkap ada sebanyak 11.357 isu hoaks yang beredar sejak Agustus 2018 hingga 31 Maret 2023 dan mengidentifikasi bahwa kategori penipuan berada pada urutan ketiga. 

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Maka dari itu, Shopee menggandeng Gerakan Nasional Literasi Digital SIBERKREASI untuk mengajak masyarakat memulai fiturCek Fakta’ saat menerima informasi yang mengatasnamakan platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan tersebut.  

Shopee Tawarkan Program Garansi Tepat Waktu, Begini Cara Klaimnya

Hal ini dilakukan melihat maraknya modus penipuan online terbaru yang menyasar masyarakat dari pihak tidak bertanggung jawab. Sehingga kerja sama ini diharapkan dapat mengurangi jumlah korban penipuan online dengan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang informasi yang mereka terima. 

Selain itu, diberikan juga fitur khusus dalam aplikasi Shopee disebut ‘Cek Fakta’ yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk melakukan pengecekan informasi yang diterima.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Shopee luncurkan fitur Cek Fakta untuk terhindar dari penipuan online

Photo :
  • Shopee

Ketua Umum SIBERKREASI, Donny BU mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Shopee untuk bersama-sama meningkatkan pemahaman masyarakat Indonesia, tidak hanya terkait risiko hoaks namun juga menyediakan fitur khusus cek hoaks melalui platform Shopee. 

“Kejahatan di dunia digital sudah semakin berkembang. Bahkan, modus penipuan semakin kreatif sehingga kian sulit membedakan antara informasi benar versus hoaks. Penting bagi kita untuk memahami kiat menghindari jebakan penipuan online," ujarnya.

Sudah menjadi tugas bersama bagi para pemangku kepentingan majemuk (multistakeholder) untuk membekali masyarakat kemampuan literasi digital dengan keempat pilar yang diberikan dalam hal ini yakni cakap, aman, budaya dan etika, atau biasa disingkat C-A-B-E. 

"Adapun kanal seperti Cek Fakta di platform Shopee adalah terobosan yang dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat agar terhindar dari hoaks dan penipuan online. Mari kita budayakan selalu sabar sebelum sebar, saring sebelum sharing, dan tidak mudah tergiur hoaks atau penipuan berkedok penawaran yang menggiurkan,” jelas Donny menegaskan.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna menegaskan bahwa kehadiran fitur ‘Cek Fakta’ adalah suatu bentuk komitmen Shopee dalam menyediakan platform belanja online yang aman, nyaman, dan andal. 

“Kami ingin menggencarkan edukasi berbagai modus penipuan yang mengatasnamakan Shopee dan menyediakan fitur Cek Fakta untuk memfasilitasi masyarakat dalam memulai budaya baru ini,” ucap Monica.

Shopee pun mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dan selalu menerapkan 3C jika mendapatkan pesan yang mengatasnamakan Shopee, antara lain sebagai berikut:

1. Cek Pengirimnya: semua informasi resmi dari Shopee hanya dikirim lewat akun WhatsApp Shopee bercentang biru dan media sosial resmi Shopee yang sudah terverifikasi.

2. Chat Customer Service Shopee: jika membutuhkan kepastian atas informasi mencurigakan, pengguna bisa menggunakan fitur Cek Fakta di aplikasi Shopee.

3. Cari Tau Modusnya: modus penipuan terus berubah sehingga pengguna bisa mengikuti akun @shopeecare_id di Instagram agar selalu update tentang penipuan berkedok Shopee.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya